Enggak Bisa


Kamu bisa ini? enggak | Klo kek gini? enggak juga | Banyak hal yang kita enggak bisa di dunia ini, bahkan semisalpun kita sudah menguasai dan mempelajari banyak hal, karena ilmu seperti sebuah corong. Semakin kita masuk di dalamnya, kita merasa ilmu itu semakin luas.


Dulu nerima kerjaan juga karena faktor enggak bisa, ngajar PPL juga karena enggak bisa, tapi karena itulah pada akhirnya aku jadi bisa. Otodidak belajar komputer, karena enggak bisa, otodidak belajar jaringan juga karena enggak bisa, apalagi mikrokontroller sama flash. Boro2 :3

Ilmu bisa kita dapat dimana saja, tapi kita sendiri yang menentukan ilmu apa yang akan kita dalami dan bisa kita jual. Dan biasanya ilmu yang kita dalami kita pelajari sendiri bukan dari bangku sekolah.

Seorang programmer yang malang melintang belasan tahun di dunia IT pernah berkata, ilmu yang kita dapat di sekolah/kampus itu bukan ilmu yang bisa dijual, kenapa? karena itu hanyalah ilmu2 basic/dasar. Ilmu yang bisa dijual adalah ilmu yang kita dapat dari pengalaman kita sendiri, yup, dari aktifitas kita membelajarkan diri kita sendiri dari kondisi enggak bisa menjadi bisa.


Frasa “Enggak bisa” adalah soal waktu, enggak bisa karena tidak sempat atau enggak bisa karena belum menguasainya. Ilmu itu seperti roda berputar, boleh jadi hari ini ilmu kita lebih tinggi dari anak2 kita, tapi 5-10 tahun lagi, kitalah yang akan belajar pada anak2 kita.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda