Faktor Penyebab Badan Pegal Pada Orang Dewasa


Pada orang dewasa rasa pegal-pegal seringkali muncul terutama setelah menyelesaikan suatu pekerjaan,mereka akan cenderung mengeluh merasakan pegal-pegal pada diri mereka namun saat sedang melakukan suatu aktivitas terutama aktivitas yang mereka senangi mereka cenderung tidak merasakan pegal sebab mereka menikmati apa yang mereka kerjakan saat itu.

Untuk orang dewasa ini banyak sekali penyebab badan pegal karena aktivitas mereka pun banyak tak seperti orang-orang pada usia anak-anak,remaja maupun lanjut usia usia dewasa adalah usia produktif dimana seseorang sedang bersemangatnya bekerja maupun bersekolah. Sehingga peluang untuk merasakan pegal pun cenderung lebih besar terjadi pada usia dewasa,berbeda dengan lanjut usia yang merasakan pegal karena penurunan fungsi organ tubuh justru pada orang dewasa rasa pegal muncul akibat banyaknya aktivitas yang mereka lakukan. Adapaun berikut adalah beberapa penyebab badan pegal yang biasa terjadi pada orang dewasa yang produktif:

pijat pegal-pegal

  1. Kurang tidur,ketika pekerjaan menumpuk dan dengan deadline singkat sehingga mengharuskan seseorang untuk begadang ataupun kegiatan lain yang dapat mengurangi jumlah jam tidur sehingga seseorang tersebut akan mengalami pegal-pegal walaupun mulanya tidak terlalu kerasa lama-lama tubuh akan memberikan sinyal untuk tidur,mengantuk.
  2. Banyaknya aktivitas,pada usia yang produktif seseorang akan mendapati aktivitas yang bermacam-macam mulai dari sekolah,bekerja,mengerjakan tugas,bermain dan hal-hal lainnya yang ketika pada usia anak-anak belum dapat mereka lakukan.
  3. Diforsir,ketika seseorang menyenangi suatu aktivitas tertentu maka ia akan bersemangat mengerjakannya sehingga terjadilah diforsir yaitu suatu keadaan seseorang mengerjakan sesuatu tanpa mengenal waktu (batasan).
  4. Terlalu banyak tidur,tidur memang baik untuk menjaga stamina tuuh agar selalu segar namun terlalu banyak tidur juga dapat membuat tubuh pegal-pegal.
  5. Kurang gerak,tubuh yang diam saja dan sedikit melakukan gerak seperti duduk terlalu lama dan berdiri terlalu lama juga dapat menyebabkan pegal-pegal oleh sebab itu gerakkanlah anggota badan sedikit-sedikit agar tidak kaku dan pegal.
BACA JUGA:   Tips Mengatasi Hutang Menurut Islam

Pada orang dewasa banyak sekali penyebab badan pegal karena aktivitas orang dewasa sangat banyak begitupun dengan hal-hal yang harus dilakukannya karena pada usia dewasa ini seseorang dianggap mampu untuk melakukan berbagai macam jenis pekerjaan ataupun aktivitas berbeda dengan anak-anak yang hanya diberikan aktivitas sedikit karena kemampuan mereka belum mumpuni. Bagi orang dewasa yang masih kuliah selain penyebab yang disebutkan juga terdapat beberapa penyebab lain seperti tugas kuliah yang menumpuk,organisasi bahkan kegiatan perkuliahan itu sendiri. Bagi mahasiswa yang berorganisasi seringkali merasakan pegal-pegal karena mereka tidak hanya dituntut dari segi otak melainkan dari segi waktu dan tenaga pula,tidak heran jika saat ini melihat banyak mahasiswa yang terlihat tidak segar dan tampak sangat lelah.

Berbeda dengan anak-anak dan usia lanjut,pada orang dewasa ini ketika mengalami pegal-pegal dan mengetahui penyebab badan pegal mereka dapat menangani diri mereka sendiri orang dewasa tahu ketika merasa pegal apa yang harus mereka lakukan,orang dewasa jug sudah dapat menyimpulkan apa yang sedang dialaminya dan kemudian berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan. Orang dewasa cenderung lebih mandiri dalam menyelesaikan urusannya dan bersikap bijaksana,orang dewasa juga sudah dapat mengatur waktunya sehingga ia tahu kapan ia akan bangun,belajar,sarapan atau pergi ke sekolah atau kampus,berbeda sekali dengan anak-anak namun hal ini bukan berarti seorang teman,sahabat atau anggota keluarganya membiarkan saja dan tetap bersikap acuh jika ada orang dewasa mengeluh bahwa badannya pegal-pegal.

BACA JUGA:   Cari Resep Kuliner Nusantara di Dunia Maya? Disini Tempatnya




DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di info dan tag , . Tandai permalink.

2 Respon untuk Faktor Penyebab Badan Pegal Pada Orang Dewasa

  1. ijeverson.com berkata:

    sering kurang tidur dan aktifitas padat itu merupakan momok menakutkan buat saya, sebagai mahasiswa :”)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *