FARONICS DOUBLE SHIELD


Faronics adalah produsen software2 shielding yang mumpuni, meskipun bukan sebuah perusahaan pembuat antivirus namun software buatan Faronics ini cukup mampu mengamankan sistem Windows dari penyusupan dan perusakan yang dilakukan virus.

Anda tentu ingat bagaimana warnet2 di Indonesia rata2 menggunakan Deep Freeze di komputer mereka, segala perubahan yang terjadi di drive sistem (drive C:) cuma akan bertahan di sesi itu, begitu komputer restart atau mati lampu semua perubahan di drive C: akan hilang dan kembali seperti semula. Deep Freeze dulunya adalah software buatan HyperTechnologies yang saat ini sudah diakusisi oleh Faronics.

Deep Freeze bertindak sebagai pengaman sistem, dia bekerja berdasar patokan dimana dia pertama kali dihidupkan, sejak pertama kali aktif Deep Freeze akan mencatat daftar semua file, registry, checksum dan letaknya di drive yang dilindungi, sehingga ketika seseorang merubahnya atau menambah file di drive tersebut maka ketika komputer Restart/ Mati komputer akan menampilkan file2 drive tersebut hanya dari acuan yang dicatat oleh DeepFreeze, gampangnya file2 yang anda simpan di drive yang ter-DeepFreeze akan hilang begitu komputer mati.

Deep Freeze sekilas merepotkan karena rata2 pengguna awam menggunakan My Documents yang berada di Drive C untuk menyimpan data, tapi setelah melakukan pemindahan link My Document ke drive lain sudah tidak ada masalah, sebagai pelindung sistem Deep Freeze termasuk lumayan susah ditembus bahkan banyak virus yang gagal menjangkiti komputer karena terpasang DeepFreeze.
free faronics deep freezeKekurangan dari Deep Freeze adalah dia hanya melindungi drive yang terDeepFreeze, jika virus melumpuhkan drive lain dan menggunakan autorun dari drive lain, DeepFreeze tidak bisa berbuat banyak selain tetap melindungi drivenya sendiri, bahkan jika virus memaksa berjalan dari drive lain anda masih akan terus terganggu oleh ulah virus meski ketika reset virus juga harus mengaktifkan diri lagi

BACA JUGA:   Undangan Training Oracle Academy

Selain Deep Freeze yang melindungi sistem masih ada software Faronics yang cukup ampuh, namanya adalah Anti Executable, AE adalah program pemblokir file executable/ aplikasi yang berjalan tanpa permisi dulu.
free download faronics anti executableSetting AE ada dua macam yaitu low dan high
Low:
1. Akan memblok aplikasi 32 bit yang tidak terdaftar
2. Melindungi direktori AE dari pengaksesan dan perubahan

Sedangkan setting High selain setting Low masih ditambah dengan
1. Memblok aplikasi 16 bit yang tidak terdaftar ( biasanya program yang dibuat dengan DOS)
2. Memblok file .dll (data link library) yang tidak terdaftar
3. Memiliki opsi untuk tidak mengijinkan komunikasi jaringan, pengcopian maupun penghapusan file

Jika anda mencolokkan flashdisk dan berisi virus ketika anda mengklik virus tersebut AE akan memblok viirus tersebut dan memperingatkan anda, sayangnya ini juga berlaku untuk file program yang anda download dari internet, cara yang mudah untuk menginstal program tersebut adalah
1. Memindahkan file program ke hardisk
2. Mencopot flashdisk
3. Mematikan AE
4. Menginstal software baru
5. Menghidupkan AE

Sekilas merepotkan tapi hal ini digunakan untuk mencegah virus yang mungkin bercokol di flashdisk ikut terdaftar sebagai aplikasi yang boleh berjalan di komputer.

Kekurangan AE adalah sifatnya yang juga buta, AE akan keukeuh menjaga komputer dari program luar yang ingin berjalan dikomputer, tapi jika sebelum menginstal AE komputer anda sudah terkontaminasi virus, AE juga tidak akan mampu melindungi file anda dari serangan virus, ketika service AE dimatikan AE akan mencatat perubahan aplikasi yang ada di komputer dan ketika dihidupkan dia akan memasukkan semua catatan tersebut sebagai data baru, sehingga jika ada virus masuk saat AE dimatikan maka dia tidak bisa menolak kedatangan virus.

BACA JUGA:   Mengatasi Windows Blank Screen saat Start Up

Kebutaan DeepFreeze(DF) dan Anti Executable(AE) terhadapa virus sebenarnya wajar mengingat dua aplikasi ini memang bukan aplikasi antivirus, tapi sebenarnya ketika DF dipasangkan dengan AE kita mendapat perlindungan sistem dan perlindungan dari serangan langsung disaat yang bersamaan, DF akan melindungi drive dari perubahan dan AE akan menjaga komputer dari penetrasi program yang tidak diinginkan.

Double Shield begitu saya menyebutnya, selama ini membuat saya cukup terlindung dari program2 jahat, karena kemampuan dua software itu komputer saya cukup tahan banting menghadapi virus, hanya untuk benar2 aman dari gangguan virus dll anda masih harus menginstal antivirus terbaru dengan update virus definition terbaru, ini memberikan anda perlindungan yang berlipat, meskipun demikian bukan berarti anda akan benar2 bebas dari virus tapi anda masih punya perlindungan ekstra yang mampu mengeliminir kemungkinan terjadinya penyusupan maupun crash pada sistem anda.

Jika anda tertarik untuk menginstal AE dan DF pastikan komputer anda sedang berada di kondisi prima, dalam artian semua program yang anda butuhkan dalam berkomputer sudah terinstal dan berjalan baik. Itulah saat yang tepat untuk memasang AE dan DF. berikut saya lampirkan file instalasi dan panduan manual tentang AE dan DF.

Download AE + Manual
Download DF + Manual




DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *