Fitur Statistik Jetpack untuk memantau keyword & affiliate


Saya mengikuti beberapa affiliate program di internet, tetapi tidak semua affilate program yang saya ikuti memberikan rincian jumlah kunjungan dari link yang saya tampilkan di anotherorion.com

Memang untuk kebutuhan memantau keyword saya memakai plugin SEO search term, sedangkan alur kunjungan sudah menerapkan google analytics. Tetapi tetap saja karena web ini berbasis pada wordpress, maka akan lebih afdol jika menggunakan plugin bawaan wordpress yang disediakan yaitu Jetpack.


Jetpack sendiri merupakan plugin yang diperuntukkan untuk pengguna CMS wordpress atau blog wordpress yang dihosting sendiri bukan di wordpress.com tentunya alasan mengapa banyak pengguna memilih CMS wordpress dibanding dotcomnya adalah karena keleluasaan untuk dikonfigurasi dan dimonetize.

Untuk itu, pengguna wordpress perlu mengaktifkan fitur setting pada plugin jetpack, silahkan instal jetpack jika blog wordpress anda belum menggunakan plugin tersebut. Pada menu setting pilih modul wordpress.com stats – configure, pilih report visibility untuk admin.

Setelah itu anda bisa mengaksesnya stat web anda via domain anda maupun wordpress.com/my-stats

Pada statistik tersebut akan muncul beberapa poin berikut


  • Jumlah kunjungan dan pengunjung di tampilkan dalam bentuk bar utama bisa disetting untuk statistik harian, mingguan dan bulanan
  • Pos dan laman teratas berisi postingan yang paling banyak dibaca pengunjung
  • Kunjungan berdasarkan negara
  • Perujuk yang berisi daftar website/search engine perujuk yang mengarahkan pengunjung ke web blog kita berikut jumlah kunjungan
  • Istilah mesin pencari atau dalam bahasa gaulnya adalah keyword
  • Klik yang menunjukkan link aktif yang diikuti pengunjung dari website kita

Dua fitur terakhir ini ( istilah mesin pencari dan klik) yang saya gunakan untuk memantau keyword apa saja yang masuk ke blog ini dan kemana saja pengunjung meninggalkan website ini. Dengan demikian saya bisa memantau aktifitas pengunjung yang datang dan berapa kali pengunjung mengunjungi situs affiliate saya.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda