Fungsi Keluarga Dalam Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak


Fungsi Keluarga Dalam Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak – Pendidikan bagi anak memang sangatlah penting, karena pendidikan itu akan menjadi sebuah dasar pola pikir anak kedepannya. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, yakni antara keluarga dan pemerintah. Pendidikan janganlah dianggap sepele terhadap perkembangan anak, karena anak perlunya pendidikan atau didikan dari sekolah maupun dari keluarga. akan tetapi masih ada beberapa keluarga yang menitik beratkan pendidikan anak kepada sekolah, padahal pendidikan itu sendiri bukan hanya dilakukan di sekolah saja, melainkan di rumah pun anak perlu pendidikan dari pihak keluarga, ini merupakan salah satu fungsi keluarga dari segi pendidikan.

Pendidikan bagi anak bukan hanya di sekolah saja, dari balita hingga sudah berkeluargapun pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting terhadap kehidupan, karena pendidikan merupakan serangkaian usaha untuk membina kepribadian agar sesuai dengan norma atau aturan yang berlaku di suatu masyarakat. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan yang paling utama dalam proses pendidikan anak. Sehingga keluarga sangat berperan dalam pendidikan anak – anaknya. Oleh sebab itu keluarga merupakan lembaga pendidikan di rumah. Keluarga sebagai lembaga pendidikan memiliki beberapa fungsi, yang salah satunya fungsi dalam perkembangan kepribadian anak dan mendidik di rumah. beberapa fungsi keluarga dalam mendidik anak adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:   Resep Minuman Tradisional Teh Talua Padang

hubungan keluarga dan pekerjaan

Pertama, keluarga mempunyai fungsi sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak. Yakni sebelum anak menginjak bangku sekolah dasar, keluargalah sebagai pendidik pertama sebelum anak mendapatkan pendidikan di sekolah.

Kedua, keluarga juga bertanggung jawab dalam memotivasi serta mendorong anak agar mendapatkan keberhasilan dengan cita – cita yang diinginkannya. Fungsi yang kedua ini memang sangatlah dibutuhkan oleh seorang anak.

Ketiga, fungsi yang ketiga ini keluarga atau orang tua harus menjaga kesehatan dan kebahagiaan anak. Agar mendapatkan kesehatan dan kebahagiaan bagi anak tidaklah sulit, anak membutuhkan kebersamaan dengan keluarganya, berkumpulnya keluarga ini akan menjadikan anak merasa bahagia. Namun ketika sedang menikmati kebersamaan bersama keluarga tidak ada salahnya sambil menikmati seduhan teh hangat dari produk Sariwangi yang bisa membuat tubuh keluarga anda menjadi lebih sehat.


DMCA.com Protection Status

pendidikan keluarga (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda