Fungsi Warna Kabel Power Supply Unit


PSU atau Power Supply Unit merupakan komponen utama komputer yang berfungsi sebagai sumber arus listrik. Dalam power supply ini terdapat rangkaian untuk mengubah arus AC 220 Volt menjadi arus DC dengan tegangan bervariasi sesuai dengan kebutuhan komputer. Kabel output dari power supply umumnya berwarna-warni, dan warna ini tidak boleh sembarangan karena mengacu pada standar industri resmi yaitu AT atau ATX specification.

Untuk membedakan kabel mana yang harus dihubungkan ke unit tertentu, sudah dibedakan dengan membuat tipe konektor yang berbeda, konektor power motherboard, kipas processor, dan juga drive yang berbasis IDE maupun SATA.

Berikut adalah standar pewarnaan dan informasi tegangan pada power supply tipe ATX


Untuk melakukan pengecekan apakah power supply masih hidup adalah dengan menghubungkan PIN warna hijau (PS-ON) dengan ground (warna hitam; bebas)


warna kabel power supply dan fungsinya (6), warna kabel power supply (5), warna kabel power supply dan tegangannya (3), warna kabel untuk tegangan ac dan dc (3), fungsi kabel hijau pada power supply (3), warna kabel arus di PSU (2), kegunaan voltase pada setiap warna (2), tegangan listrik pada setiap warna kabel power supply (2), ps warna teganganya fungsi (2), warna kabel tegangan ouput power supply atx (2)

Post You May Also Like

BACA JUGA:   Buku: Workbook CCNA Best Path Training Center

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda