Gerbang Logika Dasar


Dalam dunia elektronika digital, gerbang logika berfungsi sebagai dasar dari fungsi digital. Gerbang ini menjadi dasar untuk berbagai macam teknik komputasi yang ada di dunia digital. Dalam dunia digital tidak dikenal proses analog, sehingga setiap bit akan dimanipulasi secara digital lewat gerbang logika.

Gerbang dasar terdiri atas 7 gerbang, yaitu AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR dan XNOR. Gerbang utamanya hanyalah gerbang AND, OR dan NOT. 4 gerbang sisanya adalah turunan dari ketiga gerbang tersebut.


Fungsi gerbang logika adalah untuk memecahkan masalah perhitungan logika. Dalam dunia digital terdapat perhitungan aritmatika dan perhitungan logik menggunakan gerbang digital.

Gerbang NOT berfungsi untuk membalikkan nilai input, dan menjadi satu2nya gerbang yang dapat berfungsi dengan single input. Gerbang OR berfungsi menyelesaikan masalah jika salah satu inputnya 1 maka hasilnya 1. Gerbang AND hanya akan beroutput 1 jika semua inputnya bernilai 1. Gerbang NOR (Not OR) hanya akan berlogika 1 jika semua inputnya nol, berkebalikan dengan gerbang OR. Gerbang NAND outputnya akan berlogika 1 jika tidak semua inputnya berlogika 1 atau berkebalikan dari AND.

BACA JUGA:   Front Panel Connector

gerbang logika dasar


Gerbang XOR (Exclusive OR) dan XNOR (Exclusive Not OR) adalah turunan dari Gerbang OR dan NOT, XOR akan mengeluarkan output satu jika inputnya berbeda, sementara XNOR akan mengeluarkan output satu jika setiap inputnya bernilai sama.

Contoh penggunaan logika AND dalam dunia komputer jaringan adalah pada proses menentukan nomor jaringan dari nomor IP clientnya. Nomor IP client di AND kan dengan nilai netmask nya untuk mendapatkan nomor jaringan.


DMCA.com Protection Status

soal pilihan ganda gerbang logika dan jawabannya (16), soal pilihan ganda gerbang logika dasar (9), contoh soal gerbang logika pilihan ganda (7), soal gerbang logika pilihan ganda (5), gerbang logika xor dan xnor (4), contoh soal gerbang logika yang pilihan ganda (2), pilihan ganda gerbang logika 5 soal (2), soal gerbang logika dan jawabannya (2), soal gerbang logika (1), Soal gerbang logika dan jawaban (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda