Google Sorry


Beberapa tahun terakhir sejak menggunakan modem pleki kadang nemu kejadian waktu ngetik keyword di browser dan dibalas oleh google dengan kalimat Google Sorry, We’re sorry…but your computer or network may be sending automated queries. To Protect our users, we can’t process your request right now.

Tadinya aku pikir itu kesalahan google karena aku gak ngerasa ngapa2in google dan ga ada orang lain yang pegang modemku. Setelah beberapa lama baru aku sadar klo ternyata Google mengeluarkan peringatan semacam itu karena sebelumnya mendeteksi adanya pengiriman automated queries ke Google dari IP/ network yang aku pakai.

Jadi apa itu maksudnya komputerku kena virus/trojan/malware yang mengirimkan data ke internet tanpa permisi? 

Bukan demikian, jadi begini, di dunia internet di kenal IP publik dan IP privat, IP publik adalah IP yang digunakan untuk komunikasi internet sedangkan IP privat berada di jaringan lokal/LAN. Pada saat kita terkoneksi ke internet menggunakan provider internet kita, maka provider menyewakan sebuah IP publik pada kita, agar kita dapat terkoneksi ke internet.

BACA JUGA:   Membuat Tampilan VMWare menjadi fullscreen

Google sorry

Pada umumnya perusahaan besar/nasional menggunakan beberapa IP publik yang bersifat dedicated, artinya, IP publik itu hanya dia pake sendiri untuk berkomunikasi di dunia maya, karena sifatnya yang dedicated ini maka harga layanannya memang mahal. Nah untuk kita yang berpemakluman dalam urusan isi paket data, disediakan IP publik yang sifatnya dipake bareng2 / bergantian dengan user2 lain di provider yang sama. Jika seseorang diskonek, maka IP tersebut disewakan ke user lainnya, dan begitu seterusnya.

Nah karena di internet yang berlaku adalah IP publik, saat seorang user yang menggunakan IP publik untuk berbuat kejahatan dan diidentifikasi oleh Google, maka Google akan menolak menjawab permintaan dari IP tersebut untuk beberapa lama, bahkan meski IP tersebut sudah berpindah tangan ke modem kita.

Dari sinilah akhirnya terkadang muncul pesan error dari Google semacam di atas. Solusinya adalah, melakukan disconnect modem dan mendial ulang koneksi, dengan demikian IP publik bermasalah yang disewakan provider pada kita akan diganti dengan IP publik yang lain yang mungkin tidak bermasalah, jika tetap ditolak Google coba redial lagi sampai koneksi kita diterima oleh Google.

BACA JUGA:   7 Cara mengatasi laptop lemot


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda