Hamil Muda? Baca Ini Yuk Agar Kandungan Anda Senantiasa Sehat dan Kuat


Memiliki buah hati adalah impian setiap pasangan yang telah menikah. Karena itu, saat didiagnosa positif hamil, kebahagiaan pun semakin bertambah. Harapan akan segera hadirnya bayi mungil dan lucu kian tampak dari kesigapan dan kesiapannya dalam menyambut lahirnya malaikat kecil di tengah – tengah keluarga. Belum lagi jika Anda mulai penasaran dengan jenis kelamin calon bayi Anda, tentu Anda bertanya – tanya tentang ciri – ciri hamil anak perempuan maupun anak laki – laki.

Walaupun demikian, proses yang dilalui calon Ibu tidaklah sebentar. Terhitung 9 bulan lebih 10 hari hingga calon bayi siap untuk dilahirkan. Untuk itu, bagi Anda yang baru saja didiagnosa positif hamil, terlebih saat ini adalah kehamilan pertama Anda, sebaiknya lakukanlah hal – hal berikut ini supaya kandungan senantiasa sehat.

Kurangi atau Hindari Aktivitas Berat

Ketika belum hamil, mungkin saja Anda adalah seorang wanita tangguh yang terbiasa melakukan aktivitas – aktivitas berat. Namun, saat hamil, Anda harus menyadari bahwa detik ini kondisinya tidaklah sama dengan saat belum ada janin dalam perut Anda. Oleh karena itu, mulai kurangi bahkan hindari aktivitas berat.

Hamil muda masih menempati fase rawan, bisa saja Anda mengalami mual, pusing bahkan sampai pingsan. Sehingga sangat disarankan untuk lebih sering di rumah dan melakukan aktivitas ringan agar kandungan terjaga dan kuat.

BACA JUGA:   MUDAHNYA MENGGUNAKAN LAYANAN JASA RUMAH TANGGA SECARA ONLINE

Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol atau Obat – Obatan serta Zat – Zat Tertentu

Calon Ibu yang mengonsumsi alkohol atau rokok misalnya, maka potensi terhambatnya perkembangan janin semakin tinggi. Selain itu, jika Anda termasuk penikmat kopi, sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan Anda tersebut. Sebab kandungan kafein yang dimiliki kopi berpotensi mempengaruhi zat besi dalam darah.

Dari kondisi itu biasanya akan berpengaruh pula bagi Anda, yakni dengan bertambah parahnya anemia yang diderita oleh kebanyakan ibu – ibu hamil.

Perhatikan Asupan Gizi

Apa – apa yang dikonsumsi oleh Anda sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Saat hamil, calon Ibu akan sering kehilangan nafsu makan karena mual. Jadi tetap paksa diri Anda untuk mengonsumsi makanan atau buah – buahan yang kaya akan nutrisi agar janin tumbuh dengan sehat. Mintalah tambahan vitamin yang direkomendasikan oleh dokter kandungan agar nutrisi tubuh bisa tercukupi meski dalam kondisi mual sekalipun.

Jaga Ketenangan Pikiran Anda

Saat hamil muda, calon Ibu seringkali memiliki pola emosi yang tidak stabil. Hormon yang tidak stabil menjadi salah satu pemicunya. Oleh karena itu, pandai – pandailah dalam mengelola pikiran Anda agar tidak sampai membuat Anda merasa stress. Ketika Anda stress, maka perkembangan janin tidak dapat berlangsung secara maksimal.

BACA JUGA:   OPPO F1 Plus, Smartphone Selfie Tercanggih 2016

Berusahalah untuk tetap menjaga kestabilan emosi Anda. Lakukan hal – hal yang bisa membuat Anda merasa rileks.

Demikian tadi beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Anda yang saat ini tengah hamil muda. Tidak sabar ingin melihat si kecil hadir di dunia bukan? Sebelum itu, jaga dan rawat diri Anda semaksimal mungkin agar si kecil dalam perut juga mendapatkan pengaruh yang positif ya. Dengan begitu, perkembangan janin pun bisa berlangsung secara sempurna.




DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda