Harga Hardisk Murah Dibawah Satu Juta


Hardisk adalah piranti penyimpanan data dalam personal computer atau laptop Anda. Sifat penyimpananya permanen, dalam arti meskipun tidak dialiri listrik, data yang sudah ditulis atau disimpan didalamnya tetap akan berada di dalam hardisk itu sendiri. Bisa dibilang hardisk adalah roh dari perangkat keras laptop kita. Tanpanya, data yang sudah susah payah kita kumpulkan tidak dapat dipanggil kembali. Melihat keutamaan tugasnya, memang bukan hal yang patut diherankan jika kemudian harga hardisk tergolong mahal.

Tadi sempat disinggung bahwa hardisk menyimpan data secara permanen, kecuali tentunya jika Anda melakukan proses penghapusan data, install ulang maupun apabila terkena virus. Sebelum jauh membahas cara kerjanya, perlu dijelaskan bahwa pada prinsipnya ada dua jenis hardisk yang digunakan untuk membantu penyimpanan data di laptop maupun personal computer Anda. Pertama, disebut dengan hardisk internal, sementara satunya lagi adalah hardisk eksternal.

Jenis-Jenis dan Perkiraan Harga Hardisk Internal

Hardisk internal adalah perangkat yang ada dalam komputer itu sendiri alias tidak terpisah. Ia berfungsi sebagai memori utama dimana setiap data yang ditulis dan dimasukkan ke dalam komputer akan dibaca dan disimpan dalam penyimpanan internal komputer. Pada dasarnya, setiap hardisk memiliki semacam cakram yang memiliki komponen pembacaan diatasnya. Selain itu juga terdapat controller yang berfungsi untuk menjaga agar piringan pada cakram tersebut terus berputar ketika digunakan.

Sejauh ini setidaknya ada empat buah sistem yang berlaku pada hardisk internal, yakni ATA, SCSI, RAID dan SATA. Namun yang paling banyak digunakan adalah ATA dan SATA. Nah, berikut adalah review dan perkiraan harga hardisk dari masing-masing merk.

  1. ATA

Sistem ini tergolong murah dan banyak digunakan karena harga hardisk ini memang terjangkau. Namun sistem ini memiliki kelemahan karena memerlukan controller berbeda apabila digunakan pada dua buah driver yang berbeda. Memang sudah ada beberapa produsen yang saat ini menggunakan chip yang langsung diintergrasi dengan controller sehingga hardisk ATA ini bisa langsung digunakan.

  1. SATA

Tipe disk Serial Advance Technology Attachment atau yang biasa disingkat dengan SATA ini memiliki keunggulan berupa kabel yang digunakan lebih sedikit dan ukurannya lebih kecil. Selain itu kecepatan transfernya sangat tinggi sehingga ketika mengirim atau mengopy file Anda tidak perlu menunggu berlama-lama. Keunggulan inilah yang menyebabkan tipe SATA kini lebih banyak diincar oleh pecinta IT.

BACA JUGA:   Pembukaan Olimpiade Rio 2016 Yang Spektakuler Berhasil Menarik Perhatian Dunia

komponen hardisk internal

Nah, hardisk internal ini seperti yang telah disebutkan sebelumnya ada bawaan dari laptop atau personal computer Anda dari pertama kali Anda beli. Oleh karenanya, jangan heran jika kapasitas penyimpanannya tergolong terbatas. Bicara soal harga hardisk ini, memang cenderung cukup mahal, sehingga kapasitas yang ditawarkan juga terbatas. Sejauh ini beberapa laptop yang menyasar golongan menengah ke atas memang sudah ada yang menawarkan fasilitas memori internal 1 TB, tapi tentu harganya cukup fantastis. Bagi yang penasaran, ini beberapa tipe dan harga hardisk internal.

  1. Seagate Barracuda

Ada beberapa kapasitas penyimpanan dari Seagate barracuda. Edisi yang paling kecil adalah 250 GB dan dijual dipasaran dengan harga hardisk sekitaran Rp 500.000,00. Untuk tipe yang paling murah, hardisk ini mengadopsi teknologi SATA dengan kecepatan putar 7200 RPM. Adapun untuk besaran memori yang lain, misalnya 500 GB dijual dengan harga Rp 600.000,00; kemudian ada yang 1 TB dengan harga Rp 750.000,00. Untuk sero yang lebih besar, yakni 2, 3 dan 4, 6, 8, 10 TB, dijual dengan harga diatas satu juta, bahkan ada yang mencapai 10 juta rupiah.

  1. Toshiba

Penggemar fanatik Toshiba tidak perlu khawatir karena Toshiba juga melayani Anda dengan hardisk internal dengan berbagai ukuran, mulai dari 500 GB hingga 2 TB.  Rentangan harga hardisk Toshiba ini berada dipersekitaran Rp 700.000,00 hingga Rp 1.200.000,00 saja. Teknologi yang digunakan rata-rata adalah tipe SATA dengan kecepatan putaran 5400 RPM hingga 7200 RPM.

  1. WD

Salah satu merk hardisk internal lainnya yang menguasai pasar adalah WD. Untuk kapasitas penyimpanan memori, merk WD menyediakan dari yang ukuran terkecil di angka 500 GB dan yang paling besar adalah 8 GB. Harga hardisk WD yang paling murah sendiri adalah yang kapasitasnya 500 GB yakni dijual seharga Rp 700.000,00. Sama seperti dua tipe lain, teknologi yang diusung oleh WD adalah SATA III dengan kecepatan putar sampai dengan 7200 RPM.


hardisk internal wd

Jenis-Jenis dan Perkiraan Harga Hardisk Eksternal

Tipe yang kedua ini adalah hardisk eksternal. Sudah sempat diulas tadi, harga hardisk laptop cukup mahal namun kapasitasnya seringkali tidak mumpuni. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki sangat banyak file berukuran besar sebagai bagian dari pekerjaan Anda. Contohnya saja seorang fotografer, yang gemar mendengarkan musik dan juga menonton film. Tak ayal akan ada sangat banyak data di laptopnya, dan memori internal meskipun sudah 1 TB dijamin tidak akan cukup karena kebutuhan meningkat setiap harinya.

BACA JUGA:   Hidup Sehat Dengan Pola Makan Sehat

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ketimbang upgrade memori internal dengan harga yang cukup mahal dan terbatas, lebih baik untuk membeli yang eksternal karena harga hardisk eksternal memang lebih terjangkau. Selain itu hardisk eksternal juga mudah dibawa-bawa dan disimpan, mudah jika digunakan untuk kepentingan transfer dan kerja bersama dan juga bagus untuk menyimpan data cadangan alias back up.

harga hardisk eksternal murah seagate

Secara principal, hardisk eksternal ini juga merupakan tempat menyimpan data secara permanen, akan tetapi data tidak disimpan dalam komputer melainkan pada piranti keras (hardware) di luar komputer. Mirip seperti flashdik, hardisk eksternal juga digunakan dengan menyolokkan kabel USB ke laptop atau komputer Anda baru kemudian proses menyimpan, membuat salinan maupun melakukan transfer dapat dilakukan.

Hardisk eksternal sendiri pertama kali tumbuh berkembang sebagai jawaban atas tuntutan pengguna komputer akan memori yang berada di luar komputer itu sendiri dan bisa menjadi back up untuk sesuatu yang penting. Dengan demikian, ketika personal computer Anda hilang atau rusak, data yang Anda simpan di hardisk eksternal akan tetap terjaga. Awalnya harga hardisk eksternal ini sangat sangat mahal sehingga tidak bisa dimiliki masyarakat umum seperti ini.

Tidak hanya masalah harga, dari segi ukuran pun sangat besar dan tidak efisien sehingga tidak menjawab fungsi mobile yang dibutuhkan. Di awal kemunculannya, hardisk eksternal ini memiliki ukuran yang nyari sebesar kulkas atau ada juga yang berukuran seperti halnya mesin cuci zaman sekarang. Akan tetapi lambat laun masing-masing produsen kemudian berusaha untuk menciptakan hardisk eksternal terbaik dalam banyak sisi, baik itu perubahan ukuran, kecepatan transfer dan tentunya penekanan biaya produksi sehingga harga jualnya juga dapat sedikit lebih ditekan.

cara memperbaiki data harga hardisk eksternal murah

Perjuangan ini tidaklah sia-sia karena dewasa ini banyak harga hardisk eksternal murah yang dapat Anda pilih untuk menjawab kebutuhan terkait pentingnya media penyimpanan data di luar komputer. Harga hardisk eksternal banyak yang masih di bawah satu juta, meskipun tentunya perlu Anda sesuaikan lagi dengan merk dan juga memorinya masing-masing. Beberapa merk hardisk eksternal yang banyak dijual di pasaran adalah Toshiba, WD dan Seagate.

Apabila tertarik, cobalah cek harga hardisk eksternal Toshiba yang biasanya dijual dengan harga Rp 500.000-an untuk seri 500 GB nya. Adapun harga Seagate dan WD biasanya tidak jauh berbeda pula dengan itu. Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait dengan harga hardisk. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda