HFS: HTTP File Server


Untuk urusan culek menculek materi pelajaran via flashdisk emang kadang bikin keki, soale flashdisk yang digangbang berjamaah rawan untuk terkena virus HIV komputer. Nah di sekolah kemaren ngeset lab sekaligus menginstalasi ulang jaringan UTP dan listriknya jadi ntar klo mau berbagi pakai file bisa make fasilitas file sharing di windows.

Mudah sih make fasilitas file sharing windows, kecuali awal2 ngesetnya yang harus mempersamakan workgroup semua PC yang ada. Soale fasilitas file sharing ini ada di lapisan OSI layer yang berbeda dengan TCP/IP, jadi meski IP semua PC sudah satu jaringan tetep ae nek workgroup e lum sama lum mau ndetek di network neighboorhood

Nah kemaren sama temenku dikasih aplikasi HFS (HTTP File Server) fungsi dari aplikasi gratis ini adalah menjadikan komputer kita file server dengan mengatur port yang akan kita gunakan sebagai port komunikasi, defaultnya adalah port 80, tetapi karena port 80 digunakan untuk keperluan browsing jadi lebih baik diubah ke port lain (rekomendasi ke port diatas 5000 – 60000 karena port2 ini jarang dipakai)

Nah setelah itu kita tinggal memasukkan file/folder yang ingin kita sharing ke pengguna, pengguna tinggal mengetikan alamat IP + port di url browser, misal 192.168.10.10:5000.
Portable-HFS_1 HFS: HTTP File Server  wallpaper
Bagusnya di aplikasi ini, kita dapat mengeset folder di PC kita sebagai tempat mengupload file dari siswa, cocok buat mengirimkan tugas yang dikerjakan sewaktu praktikum di lab ke PC guru tanpa harus culak culek flashdisk atau menyeting workgroup yang sama. Aktifitas download dan upload siswa juga tersedia di layar log sebelah kanan, sehingga guru bisa mengecek siswa yang sudah mendownload/mengupload materi

Lebih lanjut aplikasi ini silahkan download di web resminya disini


fungsi aplikasi hfs, aplikasi hfs, fungsi hfs adalah

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda