Hidup Sehat Dengan Pola Makan Sehat


Siapa yang tidak ingin hidup sehat? Tentu semuanya ingin hidup dengan sehat. Pola hidup sehat memiliki tiga pondasi utama yakni makanan sehat dengan nutrisi yang sesuai, olahraga dengan teratur, dan manajemen diri agar tidak stress. Jika Anda bisa menjalankan ketiga pola hidup sehat tersebut maka kesehtan Anda akan lebih terjaga. Berbagai penyakit misalnya gangguan jantung, stroke, diabetes, hipertensi, atau jenis penyakit lainnya dapat dihindari.

Menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang sehat memang bukan hal yang mudah. Anda harus bisa konsisten menjaga makanan apa saja yang baik bagi tubuh Anda dan menghindari makanan yang tidak baik untuk tubuh Anda. Nah, jika Anda ingin hidup sehat dengan menjaga pola makan sehat, berikut adalah pola makan sehat ala Tropicana slim yang bisa Anda aplikasikan.

Nutrisi Yang Tepat

Makanan yang sehat dapat membantu Anda untuk mencegah serta mengurangi tingkat resiko dari penyakit-penyakit kronis, misalnya penyakit jantung, stroke, diabetes, dan juga kanker. Selain itu, makanan yang sehat juga bisa menjadi salah satu cara untuk melawan obesitas atau kegemukan. Nah, di dalam makanan yang sehat tersebut terdapat tiga prinsip, yaitu cukup, seimbang, dan kalori terkontrol. Cukup berarti kebutuhan energi dan zat gizi (serat) tercukupi.

BACA JUGA:   Lebaran Lebih Kompak Dengan Baju Keluarga

Seimbang yang dimaksud adalah mengonsumsi setiap jenis makanan dengan seimbang. Misalnya daging merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi tetapi rendah kalsium, lalu Anda bisa memenuhi kebutuhan kalsium ini dengan meminum susu. Yang terakhir, kalori terkontrol yang artinya makan secukupnya, tidak berlebihan hingga kalori dapat terkontrol.

Memenuhi Kebutuhan Serat

Serat yang terdapat pada buah-buahan atau sayuran juga bisa membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dibandingkan biasanya, sehinga dapat membantu mengendalikan nafsu makan Anda.

Tips yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Konsumsilah porsi yang tepat setiap kali makan ( 12 sendok makan atau setengah cup nasi atau pasta, kentang rebus, atau roti).
  2. Memperbanyak konsumsi serat dengan mengganti roti tawar dengan roti gandum atau nasi putih dengan nasi merah.
  3. Selanjutnya oat, bubur, atau roti gandum tersebut bisa menjadi pilihan sarapan yang sehat.

Itu dia beberapa tips dan juga informasi mengenai hidup sehat dengan pola makan yang baik dan tepat. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin terus menjaga kesehatan melalui pola makan yang sehat.

BACA JUGA:   Cara menjaga gula darah normal orang dewasa

 


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda