Indera Perasa-an


Udah tahu dong yang namanya panca indera, dari indera peraba sampai perasa, tapi dari kelima indera tersebut kagak ada yang bisa mendefinisikan namanya sakit hati, sedih, marah dan kawan2nya. Pertanyaannya dimanakah indera yang satu itu? yang bisa membuat kita bisa bereaksi dengan tertawa atau menangis

Indera perasaan itu dimana tempatnya dan bagaimana? orang bilang pake perasaan berarti pakailah hatimu, masalahnya hati dalam ilmu biologi hanya berfungsi sebagai pemfilter racun yang masuk dalam tubuh, racun perasaan keknya gak masuk hitungan.

Orang indonesia juga agak lemot klo nerjemahin bahasa daerahnya lady Diana, dalam bahasa Inggris heart merujuk pada jantung, my heart beating fast, mana ada hati berdetak dengan cepat??? Nah jadi apakah jantung yang mengatur masalah perasaan???

Ketika orang gugup, marah, dan sedih maka jantung berdetak lebih kencang dan cepat, tapi benarkah jantung itu indera perasaan? mana kutahu.

The-Heart-Machine

Konon hal2 estetika, keindahan, kreatifitas adalah domain otak kanan kita, dan otak kanan berlaku sebagai pemproses apakah sebuah obyek yang kita rasakan itu akan menghasilkan reaksi seperti apa, tapi bukankah otak adalah prosesor kita?? dia adalah central processing bukanlah input device ataupun output device layaknya indera kita.

Ketika mata melihat anak jalanan, kita menjadi iba, ketika telinga mendengar orang marah2, kita takut, apakah perasaan adalah sebuah output??? bagaimana dengan kasih sayang seorang ibu pada janinnya???

Lalu dimanakah indera perasaan itu??? apakah ia adalah sesuatu yang gaib? maya? sama seperti halnya nyawa kita? sesuatu yang tak bisa diindera tapi bisa kita rasakan kehadirannya? Atau merupakan sekumpulan misteri yang belum terpecahkan oleh umat manusia? masih menjadi tanda tanya buatku.

Ada yang bisa bantu kasih pencerahan?



DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda