Inggris Ciptakan Sperma Buatan


Untuk pertamakalinya, dunia sains mengklaim bisa membuat sperma manusia melalui hasil uji laboratorium. Sperma tersebut merupakan racikan para ilmuwan Inggris yang berasal dari sel batang embrionik. Mereka menyatakan, penemuan ini bisa sangat berguna bagi pria kurang subur untuk bisa mendapatkan anak.



“Ilmuwan dari Newcastle and the NorthEast England Stem Cell Institute ini membutuhkan waktu selama 10 tahun untuk mengulik bagaimana agar sperma buatan ini bisa menyuburkan pria kurang subur,” kata Karim Nayernia, dari Newcastle University, seperti dikutip News Yahoo, Kamis (9/7/2009).

Menurutnya, sel batang pada manusia bisa menjadi sel apa saja dalam tubuh body dan para ilmuwan sebelumnya sudah pernah mengubahnya menjadi berbagai variasi kesatuan sel yang baru menjadi sel dalam otak, pankreas dan lain-lain.

Namun beberapa kalangan meragukan hasil penemuan ini. Mereka mengkritik dengan mengatakan studi ini tidak benar-benar menciptakan sperma yang berfungsi sebagaimana mestinya. Jikapun diaplikasikan dalam tubuh manusia, kemungkinan besar fungsi sperma ini abnormal.

“Saya sangat tidak yakin melihat presentasi penemuan profesor Nayernia. Sperma yang dihasilkan oleh sel batang embrionik tidak bisa secara akurat dikatakan sebagai spermatozoa,” kata Profesor dari University of Sheffield Allan Pacey.

Pacey menambahkan, sperma yang diciptakan oleh Nayernia dan timnya tidak memiliki bentuk spesifik, serta pergerakan dan fungsi seperti sperma sesungguhnya.


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda