Ingin Tenang dan Lancar Saat Persalinan?  Anda Wajib Baca Ini


Hadirnya buah hati di tengah – tengah keluarga adalah kado terindah dari Tuhan dalam sebuah rumah tangga. Setiap inci langkah dan usaha semaksimal mungkin dilakukan demi si kecil. Sehingga tidak heran jika orang tua selalu berusaha melakukan apapun demi kebaikan, kenyamanan dan keamanan si kecil. Sebab hadirnya si kecil adalah penyempurna bagi sebuah keluarga.

Namun jauh sebelum itu, bagi Anda yang sedang menanti kelahiran si kecil tentu menjadi saat – saat yang rasanya lumayan gado – gado. Proses yang dilalui selama masa kehamilan hingga jelang kelahiran menjadi momen yang berkesan bagi Anda dan suami.

Apalagi jika kandungan saat ini adalah kehamilan pertama bagi Anda. Tentu ada debar dan rasa was – was karena belum berpengalaman. Belum lagi jika hari – H jelang kelahiran semakin dekat, dan itu artinya Anda sudah harus mulai menyiapkan perlengkapan bayi untuk menyambut kehadiran buah hati tercinta.


Nah, untuk Anda yang kini menjadi calon Ibu dan bersiap melakukan persalinan yang pertama kali. Alangkah lebih baik jika Anda menyimak beberapa ulasan berikut ini agar nantinya Anda bisa melakukan persalinan dengan tenang dan lancar.

new born

Bekali Diri Dengan Wawasan

Karena ini adalah kehamilan pertama bagi Anda, wajar bila Anda belum cukup paham tentang apa dan bagaimana yang seharusnya dilakukan untuk menyiapkan persalinan. Untuk itu Anda sebaiknya membaca buku atau artikel yang bisa menambah wawasan Anda mengenai kehamilan atau apapun hal yang berhubungan kandungan agar kondisi janin senantiasa sehat.

BACA JUGA:   Ajaklah Pasangan Anda Untuk Melihat lihat Rumah Baru Yang Akan Dibeli

Dalam hal ini Anda bisa mengajak suami untuk berdiskusi bahkan bekerja sama supaya bisa saling mengingatkan satu sama lain demi perkembangan si kecil yang masih berada di dalam kandungan. Selain itu Anda bisa bertanya dengan orang tua atau teman yang sudah berpengalaman tentang hal ini.

Rutin Memeriksakan Kandungan

Meskipun Anda sudah membaca sekian banyak referensi dan wawasan Anda sudah cukup luas terkait kiat – kiat menjaga kandungan, bukan berarti Anda bebas menyimpulkan apapun yang berhubungan dengan kandungan Anda. Sebab si kecil yang berada di dalam kandungan tidak terlihat dengan mata telanjang, oleh karena itu Anda harus memeriksakan kandungan Anda kepada dokter kandungan secara rutin.

Hal tersebut bertujuan untuk terus memantau perkembangan calon bayi yang berada di dalam perut Anda. Dengan demikian tahap – tahap perkembangan calon bayi bisa diikuti dengan baik. Terlebih apabila waktu kelahiran telah dekat, Anda justru harus sering berkonsultasi kepada dokter agar bisa dipastikan bahwa kondisi calon bayi telah siap untuk dilahirkan.

Mengapa demikian? Sebab permasalahan atau kendala setiap calon Ibu saat masa kehamilan maupun saat persalinan cenderung berbeda satu sama lain. Dan di situlah peran dokter kandungan yang akan membantu Anda mengontrol kandungan dengan baik.


Siapkan Perlengkapan Bayi

Jelang kelahiran si kecil, banyak calon orang tua yang sibuk menyiapkan perlengkapan bayi.  Akan tetapi, sangat disarankan untuk membeli perlengkapan bayi beberapa minggu sebelum hari – H persalinan. Sebab Anda membutuhkan waktu – waktu yang cukup intens untuk mempersiapkan persalinan Anda. Baik dari segi mental maupun fisik. Jadi jangan forsir diri Anda untuk membeli perlengkapan bayi sedangkan diri Anda juga membutuhkan persiapan ekstra.

BACA JUGA:   Membeli Rumah Dengan KPR, Ini Langkah – Langkahnya

Pada umumnya, ketika menjelang persalinan, calon Ibu dianjurkan untuk tidak banyak beraktivitas berat di luar rumah. Namun, calon Ibu juga dianjurkan untuk sering melakukan olahraga kecil seperti berjalan misalnya. Hal itu bertujuan agar proses persalinan bisa berjalan lancar karena kondisi calon Ibu dan calon bayi dalam kondisi yang sehat. Oleh karena itu, siapkan perlengkapan bayi jauh – jauh hari sebelum hari – H persalinan agar saat proses persalinan nanti tidak perlu memikirkan perlengkapan untuk bayi.

perlengkapan bayiOia, mengenai perlengkapan bayi disini, Anda bisa sharing dengan keluarga atau kerabat mengenai apa – apa saja yang harus dibeli. Tetap bijak dalam membeli perlengkapan bayi ya. Karena banyaknya toko yang jual perlengkapan bayi, jadi buatlah daftar perlengkapan bayi yang harus Anda beli agar tidak ada perlengkapan yang terlewatkan. Sebab biasanya akan kebingungan jika berbelanja tapi tidak membawa daftar apa – apa saja yang dibutuhkan.

perlengkapan bayi

Demikian tadi beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat menjalani masa – masa kehamilan hingga mempersiapkan persalinan. Mengingat anak adalah amanah, jadi pastikan Anda selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk si kecil ya. Dan proses pertama itu dimulai dari awal kehamilan hingga kelahiran si kecil. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

 


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda