Ini Dia 3 Muscle Car Termahal di Dunia!


Pernahkah Anda mendengar istilah muscle car atau mobil otot? Ya, muscle car merupakan istilah yang pertama kali dikenal di Amerika Serikat. Muscle car merupakan mobil dengan performa mesin yang tinggi dan desain yang unik. Meski pada awalnya terkenal di Amerika Serikat, kini penyebarannya telah mendunia dan bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru dunia. Untuk anak-anak dikenal adanya produk mainan Hot Wheels, mainan itu merupakan representasi dari muscle car dalam miniatur.

Penampilan fisiknya biasanya berbentuk sedan dengan ukuran sedang yang memiliki dua pintu dan memiliki mesin V8 serta penggerak roda belakang. Beberapa brand yang memproduksi serie mobil ini di antaranya ada Ford, Chevrolet, Chrysler dan Dodge. Muscle car yang pertama diproduksi di dunia adalah Oldsmobile Rocket 88 yang di-launch pada tahun 1949. Mobil ini memiliki katup kompresi tinggi overhead V8 yang untuk pertama kalinya di Amerika Serikat.

Brand yang paling berpengaruh untuk mempromosikan muscle car adalah Chrysler yang telah berhasil memproduksi C-300 pada tahun 1955. Setelah keberhasilan yang diraih Chrysler dalam memperkenalkan muscle car, brand mobil lainnya pun berkompetisi untuk membuat produk serupa.

Masa kejayaan muscle car  dimulai pada medio 1960-an di mana banyak kejuaraan balap mobil menggunakan muscle car. Pada era ini mobil seperti Ford Mustang dan Chevrolet Camaro yang masih familiar sebagai mobil klasik paling diminati juga muncul. Harga yang melambung tinggi membuat jenis mobil ini menjadi salah satu mobil termahal di dunia. Berikut tiga tipe muscle car termahal di dunia seperti dilansir dari The Richest:

  1. Chevrolet Corvette L88 Tahun 1967 – Rp 50,7 miliar

Di urutan pertama muscle car termahal di dunia ditempati oleh Chevrolet Corvette L88 yang diproduksi pada tahun 1967 ini karena berhasil terjual di rumah lelang Barrett-Jackson dengan harga yang fantastis yaitu sebesar US$ 3,85 juta atau setara dengan Rp 50,7 miliar pada tahun 2014 lalu. Setahun sebelumnya, mobil yang sama terjual dengan harga US$ 3,2 juta yang membuatnya masih berada di posisi kedua bersanding dengan Hemi Cuda Convertible 1971 yang terjual seharga US$3,5 juta.

BACA JUGA:   Tips Memilih Mobil Bekas

Bukan hanya mahal, mobil ini juga langka lantaran hanya diproduksi sebanyak 20 unit di seluruh dunia. Meski tidak memiliki radio dan pengatur suhu ruangan, mobil ini tetap diminati banyak orang sebab memiliki mesin L88 yang pertama kali ada. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 430 tenaga kuda (tk), bahkan beberapa orang mengatakan lebih dari itu yaitu sebesar 560 tk.

  1. Plymouth Hemi Cuda Convertible tahun 1971 – Rp 46,09 miliar

Di urutan kedua ada Plymouth Hemi Cuda Convertible yang diproduksi tahun 1971 yang sebelumnya pernah menjadi nomor satu muscle car termahal di dunia mengalahkan Chevrolet Corvette L88 karena terjual dengan harga US$ 3,5 juta atau setara dengan Rp 46,09 miliar di rumah lelang Mecum, Seattle, Washington.

Di Amerika Serikat sendiri, jenis mobil ini hanya ada dua unit. Mobil ini memiliki mesin besar V8 dengan transmisi 4 percepatan yang mampu menghasilkan tenaga 426 tk. Mesin yang digunakan mobil ini pun masih orisinil sehingga membuat harga jualnya sangat mahal. Fisik mobil ini pun masih sangat mulus, dengan warna biru yang menyala, Plymouth Hemi Cuda Convertible 1971 ini masih mampu bertahan dengan bodywork yang asli. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Super Track Pack dan juga shaker hood ikonik Barracuda.

BACA JUGA:   Tips Merencanakan keuangan Keluarga dengan Mengatur Gaji untuk 1 Bulan

  1. Plymouth Hemi Cuda Convertible 1971 – Rp 28,97 miliar

Di posisi ketiga ditempati dengan mobil yang sama dengan posisi sebelumnya, hanya saja harga jualnya lebih murah dikarenakan mesinnya bukanlah mesin orisinil termasuk di antaranya lempengan logam body pada fisik yang dimiliki. Di tahun 2002 lalu mobil ini berhasil menarik perhatian publik melalui publikasinya menjadi headline di sejumlah koran-koran karena terjual dengan harga yang lebih dari US$1 juta. Perjalanan panjang Cuda menjadi mobil mewah legendaris telah dimulai sejak tahun 1970 pada saat Chyrsler memproduksi mobil ini secara spesial untuk keperluan balap NHRA Super Stock sebanyak 11 unit saja. Kelangkaan mobil ini membuatnya menjadi salah satu mobil di dunia yang dibanderol dengan harga selangit.



DMCA.com Protection Status

muscle car terbaik (11), muscle car termahal (11), muscle car termahal di dunia (9), mobil muscle termahal (5), american muscle terbaik (5), mesin muscle car (4), Harga muscle car (4), muscle car harga (3), american muscle termahal (3), mobil muscle car termahal (2)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda