Inilah Manfaat Menjadikan Oatmeal Sebagai Menu Sahur di Bulan Ramadhan


Setiap orang menginginkan berat badan ideal, baik itu demi menjaga kesehatan atau memang karena ingin berpenampilan lebih menarik. Apalagi tidak lama lagi lebaran yang dinantikan akan segera tiba, dimana momen silaturahim bersama kerabat dan kolega menjadi agenda yang wajib untuk dilakukan. Dan tentu saja Anda ingin melakukan silaturahim tanpa rasa pesimis karena berat berlebih bukan?

Terlepas dari itu, sebelum lebaran tiba, ada bulan Ramadhan yang harus dilewati. Dalam satu bulan Anda harus menjalankan ibadah puasa. Lalu bagaimana dengan target berat badan ideal yang Anda inginkan? Terlebih biasanya Anda akan balas dendam dengan menyantap banyak makanan saat berbuka puasa. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memasukan oatmeal untuk diet sebagai menu sahur.

Lebih jelasnya, berikut akan kami berikan ulasan mengenai manfaat menjadikan oatmeal sebagai menu sahur di bulan Ramadhan.

Kenyang Lebih Lama

Seperti yang diketahui jika puasa dimulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Itu artinya sepanjang hari Anda harus mampu menahan lapar dan dahaga hingga adzan Maghrib berkumandang. Dengan begitu, ketika sahur Anda harus mengonsumsi makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Lebih dari itu Anda juga harus memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi saat sahur adalah makanan yang bernutrisi tinggi.

BACA JUGA:   Dapatkan Promo Lazada di Hadiah.me

Menjadikan oatmeal untuk diet sebagai menu sahur bukanlah tanpa alasan, sebab oatmeal ini terbuat dari bahan – bahan yang kaya akan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki juga sangat baik untuk melancarkan organ pencernaan.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Oatmeal mempunyai kandungan Beta – gluten. Kandungan ini berperan penting dalam mencegah adanya serangan jantung dan mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi selain bisa membuat lebih lama merasa kenyang, dengan menjadikan oatmeal sebagai menu makanan ketika sahur atau dikonsumsi usai tarawih, maka kekebalan tubuh Anda juga bisa terjaga dengan baik sehingga tidak mudah sakit meski harus menjalani ibadah puasa keesokan harinya.

Bowl of hot oatmeal breakfast cereal with fresh berries menu sahur simpel


Bonusnya lagi, oatmeal untuk diet ini bisa membantu Anda untuk bisa memiliki berat badan ideal tanpa harus menyiksa diri sendiri. Sebab rasanya pun enak lagi mengenyangkan.

Menurunkan Kadar Kolestrol

Perlu Anda tanamkan dalam diri bahwa diet yang baik adalah diet yang mengutamakan kesehatan dibandingkan penampilan yang menarik. Oleh karena itu ketika Anda memilih oatmeal untuk diet, maka jangan hanya terobsesi dengan berat badan ideal semata. Sebab lebih dari itu oatmeal sangatlah menyehatkan.

Apabila Anda rutin mengonsumsi oatmeal, maka kolestrol jahat yang ada dalam tubuh akan diserang oleh serat larut yang dimiliki oatmeal. Itu artinya ketika Anda mengonsumsi oatmeal pada waktu sahur, serat larut juga akan berperan dalam mengatur perubahan kadar kolestrol tubuh pada saat menjalankan ibadah puasa.

BACA JUGA:   Dua Jenis Item Fashion Terpopuler untuk Wanita Berhijab

Memperbaiki Mood Selama Puasa

Ketika berpuasa kadar gula darah dan hormon tubuh akan berkurang. Kondisi inilah yang seringkali berpengaruh pada mood seseorang. Sehingga tidak heran kadang saat merasa lapar atau sedang berpuasa tiba – tiba mood menjadi buruk.

Nah disinilah peran oatmeal dibutuhkan, kandungan yang dibawa oatmeal berupa vitamin B ini mampu menginduksi hormon serotonin. Hormon serotonin inilah yang bertugas membuat Anda menjadi lebih rileks dan mood kembali baik.

Demikian tadi beberapa manfaat menjadikan oatmeal sebagai menu sahur di bulan Ramadhan nanti. Oatmeal menjadi pilihan tepat karena oatmeal untuk diet ini tidak hanya menyehatkan, tetapi juga praktis untuk dihidangkan ketika sahur. Bukankah Anda cukup berat untuk bangun sahur lalu harus berlama – lama mengolah masakan di dapur?

 


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “Inilah Manfaat Menjadikan Oatmeal Sebagai Menu Sahur di Bulan Ramadhan

    Panduan Droids

    (Mei 11, 2017 - 7:16 pm)

    bookmark dulu deh, sekalian gan dishare variasi oatmealnya, kalo oatmealnya doang gada rasanya hehe

Berikan tanggapan anda