Inilah Tips perawatan wajah berjerawat


Gimana sih tips perawatan wajah berjerawat? jadi gini guys, sebagai salah satu survivor dari pemilik wajah berjerawat, sudah barang tentu aku perlu membagikan sedikit pengalamanku mengenai kepemilikan jerawat yang kerap nongol di wajahku. Catet ya, jerawat yang muncul di wajahku bisa dibilang bukan lagi jerawat batu, tapi jerawat gunung, itu sebutan yang aku pake buat menjuluki jerawat yang aku derita sih.

Berbeda dengan jerawat batu yang hanya satu tapi gede, jerawat gunung itu ibaratnya jerawat yang memiliki bukit-bukit jerawat dengan titik-titik magma a.k.a nanah yang siap meletus kapan saja. Nah jadi perawatan wajah berjerawat seperti apa yang aku lakukan sehingga bisa mengurangi penampakan jerawat di wajahku ini?

Dikaruniai wajah berminyak membuatku mau tidak mau menerima takdir bahwa kulit berminyak merupakan lahan basah untuk bibit jerawat berkembang biak. Padahal kulit tubuhku aslinya kering, hanya dibagian wajah aja yang berminyak. Nah jika kamu kamu merupakan pemilik wajah berminyak, kalian harus melakukan beberapa hal dibawah ini:

Menghindari gorengan dan makanan berlemak

perawatan wajah berjerawatMenghindari gorengan dan makanan berlemak merupakan salah satu poin yang perlu dilakukan sebagai bagian dari perawatan wajah berjerawat. Tidak harus diet gorengan atau daging-dagingan, hanya porsi dan intensitasnya saja yang dikurangi, jika sehari tiga kali bersentuhan dengan gorengan, maka bisa diganti cukup pada saat makan siang saja. Gorengan dan makanan berlemak merupakan sumber minyak yang dapat meningkatkan produksi minyak di wajah yang rentan memicu timbulnya jerawat.

Klo makanan pantanganku adalah kacang, beberapa ahli kesehatan menyatakan bahwa kacang sebagai penyebab jerawat adalah mitos, sayangnya hal itu tidak berlaku buatku, memang jerawat tidak akan serta merta muncul di wajah selesai aku makan kacang, baru akan muncul dalam 2-3 hari berikutnya.

Basuh muka dengan air hangat

Membasuh muka selain menyegarkan otot kulit juga membantu kulit melepaskan debu yang menempel di wajah. Terlebih untuk wajah berminyak yang kulitnya sangat rentan terhadap penumpukan debu di wajah.

Gunakan pembersih wajah khusus

Untuk perawatan wajah berjerawat gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit wajahmu. Usahakan tidak bergonta ganti merk pembersih wajah, karena hal tersebut bisa malah berakibat iritasi dan timbulnya jerawat yang lebih banyak lagi

Perbanyak minum air putih

Meminum air putih tidak hanya bagus untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, tetapi dengan tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh kita sehari-hari, akan berdampak positif juga pada kesehatan kulit kita, termasuk kulit wajah dan kepala. Orang yang banyak minum air putih akan memiliki rambut yang lebih kuat dan lebat dibanding orang yang tidak banyak meminum air putih. Dengan meminum air putih maka kilatan minyak di wajah juga tidak akan terlalu kelihatan.

Gunakan masker sesekali

Ada beberapa pilihan masker untuk mengatasi wajah berjerawat, antara lain menggunakan masker mentimun, masker jeruk nipis maupun air bunga mawar. Ketiga masker tradisional tersebut bisa didapatkan dengan mudah, anda tinggal memilih masker mana yang paling mudah anda dapatkan sehari-hari

Jangan pencet jerawat

Ini adalah himbauan yang paling sulit buat aku ikuti, jujur saja klo udah ketemu jerawat bawaannya pengen mencet, meski efek sampingnya bekas jerawatnya jadi kelihatan. Err anggep aja sih semacam motto: what doesn’t kill you make you stronger, dih apaan sih cuma noda bekas jerawat pun

Hindari rutinitas fisik berlebihan

Keletihan bisa memicu timbulnya jerawat lho guys, setidaknya itu yang sering aku rasakan klo terlalu memforsir tenaga untuk bekerja seharian penuh. Wajah yang capek bisa memicu timbulnya bibit-bibit jerawat untuk bersemi di wajah

Hindari stress

Stress tidak hanya berdampak ke otak saja, tetapi juga memiliki dampak kepada tubuh kita. Selain faktor keletihan, faktor stress juga merupakan faktor eksternal yang sering memicu jerawat di wajahku. Jadi jika pekerjaan kantor anda sangat rentan terhadap stress, jangan lupa untuk bersantai dan menyenangkan diri sendiri.

Klo aku biasanya menyenangkan diri sendirinya dengan cara berbelanja barang hobbies, baik itu berupa buku, action figure maupun diecast mobil-mobilan. Nah itulah tips perawatan wajah berjerawat yang aku terapkan dan bisa kalian gunakan juga sehari-hari.



DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Satu tanggapan pada “Inilah Tips perawatan wajah berjerawat

  • wajah

    (Mei 3, 2016 - 2:48 pm)

    bener tuh, gorengan bisa memperparah jerawat, pengalaman saya begitu

Berikan tanggapan anda