Investasi Emas Atau Perak, Mana Lebih Untung?


Investasi adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keamanan finansial di masa mendatang. Instrumen investasi sudah sangat banyak sekarang dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satu instrumen investasi yang sudah sangat terkenal sejak dulu adalah investasi emas. Untuk investasi dalam bentuk emas ini sudah banyak yang tahu sejak dulu. Namun ternyata masih ada juga jenis logam mulia lainnya yang bisa dijadikan media untuk berinvestasi. Lalu apakah logam mulia itu? Jawabannya adalah perak.

 Kini bahkan Anda bisa membeli emas dan perak di toko online dan situs jual beli online terpercaya jika memang dibutuhkan. Namun selain sebagai hiasan saja, emas dan perak ternyata juga bisa Anda jadikan instrumen investasi. Meski begitu, masih banyak yang lebih memilih emas sebagai sarana berinvestasi. Selain berinvestasi secara manual, investasi dengan emas dan perak pun bisa dilakukan secara online, salah satunya adalah investasi emas murni dan logam mulia Antam di Bukalapak. Namun jika Anda ingin membandingkan antara investasi emas dan perak, maka berikut ini ulasannya:

Perbandingan Investasi Emas dan Perak

  1. Aspek resiko

Sebagai investor, hal yang sangat perlu diperhatikan adalah dari aspek resiko. Kedua investasi ini berbentuk fisik maka Anda butuh tempat yang aman untuk menyimpannya sehingga bisa terhindar dari pencurian, kehilangan dan kemungkinan buruk lainnya. Pada dasarnya, kedua jenis investasi ini juga sama-sama beresiko mengingat harga yang fluktuatif. Namun untuk emas cenderung lebih likuid jika dibanding dengan perak.

fine-gold-emas-LM-batangan Investasi Emas Atau Perak, Mana Lebih Untung?  wallpaper

  1. Aspek return

Jika untuk keperluan investasi jangka pendek, maka keduanya sama-sama tidak akan mampu memberikan return yang cukup bagus. Namun jika Anda menggunakannya sebagai investasi jangka panjang, maka return yang dijanjikan akan lebih baik. Nilai emas untuk jangka panjang pasti akan mengalami peningkatan sehingga mampu memberikan return, perak pun demikian. Jika keduanya Anda investasikan dalam bentuk batangan, maka akan bisa mendapatkan keuntungan di jangka panjang. Meski begitu jika Anda berinvestasi di dunia online, maka emas lebih disarankan karena harga di pasaran yang cenderung lebih stabil.


BACA JUGA:   Koleksi Baju Koko Terbaik Untuk Pria
  1. Aspek volatilitas

Banyak yang berpendapat jika faktor untuk menentukan volatilitas dari harga emas adalah kebijakan global misalnya inflasi dan suku bunga. Namun pada perak ditentukan dari segi permintaan industrinya. Dari alasan inilah yang menjadikan laju pergerakan harga dari perak bisa lebih cepat dibandingkan laju dari harga emas. Kondisi seperti inilah yang menjadikan para investor perak cenderung lebih beresiko.

  1. Aspek permintaan

Pada dasarnya jika dilihat dari pasaran, maka permintaan untuk perak cenderung lebih tinggi dibanding dengan emas. Hal ini karena emas kurang begitu dibutuhkan untuk keperluan industri. Bahkan jika Anda melihat dari segi statistik global, maka permintaan emas yang digunakan untuk perhiasan pun bahkan sekarang mengalami penurunan. Meski begitu, emas punya kontrol lebih tinggi pada harganya sehingga pergerakan nantinya dapat lebih bagus. Pergerakan harga dari emas ini cenderung banyak dipengaruhi kondisi ekonomi global dan kebijakan moneter. Sedangkan untuk perak banyak dibutuhkan dalam sektor industri lantaran sifatnya yang mudah dibentuk dan juga kuat.

Dari segala aspek yang sudah dijelaskan tersebut, maka bisa diketahui jika keduanya baik investasi emas maupun perak sebetulnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. keduanya pun merupakan instrumen investasi yang cukup menjanjikan asalkan Anda menggunakannya untuk berinvestasi di jangka panjang. Harga emas lebih mudah naik, tetapi dari segi permintaan relatif. Sedangkan untuk permintaan perak lebih cenderung besar, namun harganya fluktuatif.

 

 


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda