It’s done




Kemaren setelah setres gara2 XAMPP Splash (Baca: samplas) yang bikin kepala puyeng, baru hari ini nemu solusinya, solusinya gimana???? kagakkkkkkkk ada!!!!!!!!! itu samplas gak tau kesalahannya dimana, meski sudah diinstal ulang aplikasine tetep ae nggak ngefek, ganti ke versi terbaru pun enggak mau.
Hasil trial n error menyatakan gitu server apache diaktifkan emang semua alamat localhost tetep di direct ke samplas. 

Hari ini sebenernya udah enggak kepikiran buat nyari cara gimana caranya bisa nampilin direktori dibawah htdocs yang diboikot samplas, hari ini khusus sinau menyambungkan 2 computer ber-OS XP dengan gateway sebuah router mikrotik. Setelah kemaren anak2 kuajarin pake packet tracer, sebagian udah pada dong, sisanya….. kabur sebelum jam pelajaran selesai, penggunaan sistem blok biasanya emang bikin siswa eneg, seharian cuma dapet 1 jenis pelajaran dari pagi sampe sore. Dulu waktu PPL buat menyiasatinya aku ngajarnya team teaching, jadi bergantian sama temen buat ngejelasin n mbimbing satu2.

Oh ya buat melakukan simulasi jaringan ini, kita sudah tidak perlu lagi membutuhkan 2 – 3 PC beneran untuk praktikum, karena sudah ada simulatornya. Untuk berlatih sistem jaringan menggunakan stand alone PC di rumah bisa make software packet tracer (simulatornya CISCO) maupun pake VMware untuk menginstal beberapa OS guest dalam 1 PC. 
Nah untuk ngecek apakah koneksi antara 2 XP itu udah sukses, aku iseng ngaktifin XAMPP di keduanya. Maksudnya biar klo masuk ke alamat IP masing2 XP langsung tampil halaman webnya. Baru deh di XP guest aku kasih direktori baru dibawah htdocs, n emang di XP guest itu, direktori baru itu enggak diboikot lagi sama samplas. Fuihhhhh mayan deh, niatnya sinau yang ini malah jadi dapet solusi masalah yang itu, nambah ilmu neh.
Besok acaranya represhing, jalan2 ngawal anak2 kunjungan industri ke beberapa kampus n main ke jatijajar n baturaden, mugo2 ora mabokan neh, bahaya iso diguyu muride 
gambar, nggawe dewe


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda