Jadi beli Arduino Mega 2560


Dari kemaren2 sebenernya gak terlalu ngebet buat beli Arduino, karena sudah punya library arduino untuk isis proteus simulator. Pun pada akhirnya jadi beli gegara pengen aja ngerasain programming arduino secara hardware. Selama ini memprogram mikroprocessor & mikrokontroller baru sebatas keluarga Z80, MCS-51 (AT89C51 – AT89S51) pas kuliah dan AVR ATMega waktu ngasistensi.

Setelah ngeliat beberapa coding arduino sebenernya menurutku lebih ribet daripada memprogram AVR atmega, karena aku lihat untuk memprogram tampilan seven segment saja ribetnya minta ampun. Tanya kenapa? karena setting output dilakukan satu per satu setiap pin nya, beda dengan AVR asli yang bisa langsung mensetting 8 pin sekaligus.

jual arduino mega 2560 murahKetertarikanku justru karena banyak pustaka dan shield yang diciptakan untuk arduino, meski jelas aku gak bakalan mau beli shield2 itu karena keterbatasan dana (baca: kere) produk arduino dan aksesorisnya sengaja dibuat untuk menarik minat para calon penggunanya.

Selain itu, aku pengen mempelajari bermacam2 jenis embedded system, mungkin emang gak bakalan sampai level advanced, tapi setidaknya bisa sithik2 ngerti dan bisa berbagi. Toh enggak ada salahnya kalau mau belajar Arduino meski sudah bisa make mikrokontroller. Kenapa milihnya arduino mega, bukan yang uno ataupun nano?

BACA JUGA:   Library Arduino untuk ISIS Proteus Simulator

Sengaja pilih mega dengan alasan arduino Mega memiliki stok port yang lumayan banyak, memori yang lebih lega, selain itu pin komunikasinya juga banyak, gak cuma satu set seperti arduino Uno, dengan selisih harga sekitar 100ribu saja aku jelas milih beli Arduino Mega-nya. Nanti klo pengen main2 project yang agak kompleks enggak repot harus nyari tambahan IC port expander atau sejenisnya. Selain nambah mumet juga pastinya nambah gawean.

Oh ya, harga Arduino Mega yang aku beli terhitung murah, hanya Rp. 300.000



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda