Jelaskan dengan elegan


Pagi ini sampe disekolah beberapa anak kelas 2 duduk2 di depan kantor, pas liat aku mereka bilang

“Pak kantore digembok neng cah kelas 3”

“Wah ha piye aku le arep masuk, pinjem kunci ke bu Rini sana”

Kebetulan bu Rini lewat, ngeliat aku ngga bisa masuk karena kantor terkunci anak2 kelas 2 akhirnya jadi sasaran kemarahan bu Rini, sebenernya ga bisa disebut marah sih, cuma nanya dengan nada tinggi, terus ada anak kelas 2 yang tersinggung, dan terjadilah adu speaker antara guru dan murid, yang diendingi kata BAJINGAN tepat di depan muka bu Rini.

Sontak aku kaget, kok berani anak2 nyebut gurunya BAJINGAN di depan mukanya langsung, tapi aku pikir klo aku marah situasi malah tambah runyam, mending nyuruh anak lain nyari kunci ke penjaga sekolah. Karena ga bisa masuk kantor kuputuskan langsung masuk kelas.

Beberapa saat di kelas muncul penjaga sekolah membukakan pintu kantor, sontak anak2 kembali ribut, baru disitu aku nyoba ngademin kelas karena insiden tadi pagi. Manusia tempatnya salah dan lupa, kadang ga teliti, kadang main semprot, perbedaan persepsi antara bertanya dan merasa dituduh itu biasa, tinggal bagaimana kita memanage perbedaan itu. Apakah akan diungkapkan langsung tanpa ba bi bu, atau dikeluarkan pelan2.

Aku bilang sama muridku

” Klo ada orang marah sama kita, tapi kita ga salah, biar diselesein dulu marahnya, klo dah selesai marahnya baru kita kasih penjelasan, sebisa mungkin pelan, sopan dan teratur. Klo orang dah ngerasa salah marah dia pasti minta maaf. Klo kita ikut ngotot, itu percuma, hasilnya cuma kayak tadi”

“Tapi saya kan ga salah pak”

“Bener emang kamu ga salah, tapi caramu menyampaikannya bukan di saat yang tepat, malah memancing masalah baru, coba nek tadi saya ikut kepancing maki2 kamu?? Iso ngasi perang tanding to?”

Kejadian hari ini bikin males minjem kunci buat masuk Lab, Tapi ya syukur deh anak2 akhirnya mau juga diajar teori 4 jam, malah anaknya aktif bertanya, ga ada manusia yang benar2 bisa sempurna, manusia selalu mengkonstruksi dirinya agar lebih baik di masa depan lewat pembelajaran dan kesalahan. Semoga

postingan pasca letusan gunung multiply merapi
denger2 da yang meninggal Innalillahi wa inna illaihi rojiuun


DMCA.com Protection Status

jelaskan apa itu elegan (1)

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda