Jerawat dan wajah berminyak


Jerawat adalah masalah kompleks bagi sebagian orang, terutama yang memiliki basic kulit wajah berminyak. Memang untuk sejarahnya sendiri aku tidak tahu, sejak kapan orang mulai berkenalan dengan fenomena ini, apakah jerawat juga menghinggapi anak-anak manusia sejak masa Nabi Adam atau baru muncul di beberapa abad terakhir.

Masalah munculnya jerawat umumnya adalah faktor genetis / keturunan, stress berlebihan, masa puber / menstruasi, perubahan cuaca maupun kesalahan dalam memilih produk make up

Aku sendiri termasuk orang yang mewarisi faktor genetis wajah berminyak, meskipun beberapa faktor seperti kelelahan dan cuaca lebih mempengaruhi munculnya jerawat di wajahku. Kadang karena ada dukungan faktor genetis tersebut maka jerawat yang sudah terlanjur nemplok di wajahku biasanya akan bertahan berminggu-minggu lamanya. Soal ukuran? jangan salah, udah masuk kategori XXL mungkin ya, karena selain besar-besar seperti jerawat batu, juga biasanya beberapa jerawat yang muncul berdekatan akan bergabung membentuk satu jerawat yang super besar, klo ceritanya udah begini ya harus sabar ngebiarin tuh muka dihinggapi makhluk aneh selama beberapa minggu ke depan.

BACA JUGA:   Secangkir kopi

tips mengatasi wajah berminyak

Selama ini untuk menghindari munculnya jerawat aku mencoba mengatur ritme kestressan sih, iya maksudnya klo ada kerjaan yang bener-bener bikin pusing mending di skip, anggep enggak ada, kerjakan sesantainya. Iya ini biar menjaga kadar kenormalan berpikirnya gak sampe ke tahap jenuh dan bisa memicu stress.

Klo pulang terlalu malam atau habis ngerjain sesuatu yang berat-berat di sekolah, perlu segera membasuh muka dengan air bersih dan menghilangkan sisa-sisa keletihan dengan produk pembersih wajah.

Selain itu aku pantang buat memakan makanan yang mitosnya sering dijadikan penyebab jerawat, Kacang! Eh tapi bener lho, klo aku abis makan kacang gitu, tinggal nunggu sehari dua hari, muncul deh jerawat di muka kek jamur di musim hujan, jadi klo dianggap makan kacang bikin jerawat itu mitos, kayake enggak juga.

Yang terakhir meskipun sebagai cowok, tetap saja aku perlu ngerti sedikit tentang urusan kosmetik, terutama untuk urusan muka, biar muka ini selain gak kucel-kucel amat juga gak gampang jerawatan. Produk make up di lini pembersih wajah misalnya sebisa mungkin dipilih yang mengandung jeruk nipis/mentimun untuk menyerap minyak di wajah. Sementara untuk produk make up lainnya aku jarang make, kecuali dipaksa bini.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda