Kemunculan Odroid, credit card PC pesaing Raspi


Jagat mini PC disemarakkan dengan kemunculan Odroid, sebuah board PC seukuran kartu kredit yang digadang-gadang akan menyaingi kemampuan Raspberry Pi. Sebelumnya credit card PC adalah sebutan untuk sebuah board komputer yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Raspberry merupakan salah satu board yang paling terkenal dalam jajaran PC mikro ini. Selain Raspberry masih ada BeaggleBoard, Arduino Tre maupun intel Galileo.

Odroid dibuat oleh pabrikan asal negeri ginseng korea selatan, HardKernel, sesuai namanya Odroid dibuat untuk menampung operasi sistem berbasis Android atau Linux. Jika Raspberry Pi menggunakan komponen yang bersifat low end, maka Odroid justru mempersenjatai boardnya dengan komponen berkualitas / high end.

Saat ini Hardkernel telah meluncurkan beberapa seri Odroid untuk menjadi pesaing Raspberry. Odroid X, komputer yang memiliki lebar 3,5 inci dan panjang 3,7 inci ini adalah komputer yang memakai prosesor quad-core dengan kecepatan 1,4Ghz Exynos dari Samsung. Masih diperkuat dengan pengolah grafis Quad-core dari Mali.

Memori RAM sebesar 1GB, lebih besar empat kali lipat daripada RAM yang tertanam pada board Raspberry Pi. Ditambah lagi ada enam port USB, ethernet adapter, headphone jack dan mikrofon dan juga tambahan slot memori card sebagai penyimpanan data. Selain itu masih disediakan slot IDE atau yang biasa kita kenal dengan paralel ATA. Terkesan aneh memang jika Hardkernel malah lebih memilih slot PATA dibanding SATA.

BACA JUGA:   Bagaikan Hidup Tanpa

odroid pesaing raspberry pi boardODROID-X2, upgrade untuk ODROID-X yang diumumkan bulan Juli 2012. X2 juga menggunakan chipset Exynos 4412 Prime 1,7GHz dan juga 2GB RAM.

ODROID-XU3 bersenjata chipset Samsung Exynos 5422 octa-core, setara dengan processor yang digunakan oleh smartphone Samsung Galaxy S5.

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh ODROID-XU3 adalah dapur pacunya yang mengandalkan chipset Samsung Exynos 5422 octa-core yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dan quad-core ARM Cortex-15 yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan pengolah grafis mumpuni dari ARM Mali-T628.

odroid xu3 pesaing raspberry pi

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh komputer mini ODROID-XU3 ini adalah mampu menangani heterogenous multi-processing dengan mengaktifkan kedelapan inti prosesornya. ODROID-XU3 juga dapat mengaktifkan empat dari 8 core yang tersedia untuk kebutuhan tertentu.

Bandingkan dengan Raspberry Pi yang mengusung prosesor ARM11 dengan kecepatan 700MHz single-core dan dilengkapi memori RAM berkapasitas 256MB, serta berbagai fitur standar seperti slot SD card, port HDMI, port USB dan port Ethernet.

ODROID-XU3 ini juga didukung fitur dan fasilitas yang lengkap, sebut saja dukungan eMMC 5.0 untuk media penyompanan berbasis flash, port USB 3.0, port USB 2.0, port HDMI 1.4a, DisplayPort, Ethernet, WiFi, card reader, dan terintegrasi alat pemantauan konsumsi daya.

BACA JUGA:   Panduan memilih jurusan IT

Tak hanya itu, komputer mini ODROID-XU3 ini kompatibel dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat atau Ubuntu Linux 14.04 untuk pengembang. ODROID-XU3 juga telah mendukung playback video 4K dan grafis OpenGL ES 3.0.


DMCA.com Protection Status

pesaing arduino (3), mini pc pesaing raspberyy com (1), odroid adalah (1), raspberry pesaing (1), saingan arduino (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda