Kenapa Anak Tidak Mau Menyantap Bekal Makanan


Anak – anak sangat menyukai camilan atau jajan. Belum lagi jika anak masih sekolah di tingkat dasar, tentulah di sekolah banyak yang menjajakan beraneka ragam jajanan. Kondisi ini menimbulkan rasa was – was pada orang tua. Wajar memang, sebab biasanya jajanan tersebut tidak bisa dijamin kebersihannya. Terlebih orang tua tidak bisa mengawasi secara penuh sehingga memikirkan resep menu bekal ke sekolah adalah hal yang harus Anda lakukan.

Meski setelah ini Anda harus rutin menyiapkan bekal makanan untuk anak, bukan berarti masalah selesai begitu saja. Ada hal yang tidak boleh Anda lupa bahwa anak – anak bisa jadi tidak akan menghabiskan bekal yang sudah Anda siapkan dan lebih memilih membeli jajanan yang ada.

Banyak faktor yang menyebabkan anak tidak mau melahap habis bekal yang dibawanya. Dan inilah tugas selanjutnya, Anda harus paham hal – hal apa saja yang membuat anak tidak mau menyantap bekal makanan yang sudah Anda siapkan. Berikut ini akan kami ulas beberapa hal yang membuat anak tidak mau menghabiskan bekal makanan.

Kotak Makan yang Tidak Menarik

Anak – anak memang menyukai sesuatu yang lucu. Termasuk kotak makanan yang dibawa ke sekolah. Untuk itu pastikan Anda membelikan kotak makan atau tempat makan yang lucu. Ajak anak ketika Anda ingin membelikan kotak makan yang baru, biarkan anak memilih sendiri kotak makan seperti apa yang disukainya. Dengan begitu anak akan lebih semangat ketika membawanya ke sekolah dan bersemangat untuk menghabiskan bekal yang telah Anda bawakan.

High-Quality-Plastic-Lunch-Box-kids-lunch-box-lovely-carton-lancheira-Dinnerware-cutlery-for-kid-japanese Kenapa Anak Tidak Mau Menyantap Bekal Makanan  wallpaper

Untuk mengatasi rasa bosan, Anda bisa membelikan dua kotak makan yang berbeda namun tetap sesuai dengan pilihan anak. Anda bisa menggunakannya bergantian agar anak tidak bosan.

Makanan Sulit Untuk Dimakan

BACA JUGA:   Tips Mudah untuk Memastikan Rumah Anda Cepat Terjual

Anak – anak seringkali mengeluh bahwa lauknya susah dipotong, buahnya membuat lengket dan lainnya. Sebagai solusinya, Anda sebaiknya mengiris lauk kecil – kecil agar anak lebih mudah untuk mengunyahnya. Untuk buah sendiri, jangan lupa untuk membawakan garpu supaya tangan anak tidak lengket lantaran makan buah yang Anda bawakan. Intinya adalah Anda harus paham bagaimana selera anak.

baby-kids-eating Kenapa Anak Tidak Mau Menyantap Bekal Makanan  wallpaper

Anak Merasa Bosan

Ternyata bukan hanya kotak makan yang bisa membuat anak merasa bosan. Layaknya orang dewasa, anak juga bisa merasa bosan ketika Anda terus – menerus menyiapkan bekal dengan resep menu bekal ke sekolah yang sama setiap harinya. Untuk mengatasi hal ini, Anda sebaiknya mulai berkreasi dalam menyajikan makanan.

Jika anak masih kecil, Anda bisa menyajikan dalam bentuk bento, mengkreasikan makanan dengan bentuk – bentuk yang lucu dan unik. Misalnya saja Anda menjadikan irisan tomat sebagai mata, irisan wortel sebagi alis dan lainnya. Dengan begitu bekal makanan anak terlihat lebih menarik dan lucu.

bekal-makanan-bento Kenapa Anak Tidak Mau Menyantap Bekal Makanan  wallpaper

Demikian tadi beberapa hal yang membuat anak tidak mau menyantap bekal makanan yang Anda siapkan. Apabila anak – anak tetap tidak mau menghabiskan bekal jajan atau makanan yang dibawa, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan makanan bernutrisi lebih pada jam sarapan atau makan malam. Untuk bekalnya, Anda bisa membawakan beberapa potong roti atau buah segar agar kebiasaan anak membeli jajan bisa berkurang. Jangan lupa tetap memberikan variasi resep bekal ke sekolah ya.

 


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda