Kenapa Kita Harus Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut?


Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah sebuah keharusan. Sebab gigi dan mulut adalah bagian tubuh pertama yang menjadi perantara masuknya makanan atau minuman yang digunakan sebagai asupan nutrisi bagi tubuh. Oleh sebab itu dua organ penting ini harus dirawat dan dijaga dengan baik agar apa-apa yang dimasukkan ke dalam tubuh juga terjamin kesehatannya.

Terdapat banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang mulut dan gigi. Bahkan hingga menyebabkan kematian, misalnya kanker, ginjal, lambung dan jantung. Yang kesemuanya diakibatkan toksin yang dihasilkan dari gigi yang terinfeksi. Lalu apa saja sih alasan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut? Nah daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut ini agar kita lebih mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Terhindar dari Ancaman Berbagai Macam Penyakit

Seperti yang telah diketahui bahwa mulut dan gigi adalah organ pertama yang menjadi perantara masuknya makanan atau minuman yang dikonsumsi. Mengingat makanan atau minuman yang dikonsumsi juga sangat bermacam-macam tentu saja mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Terlebih apabila kita tidak rajin menggosok gigi dua kali sehari. Yang mana sisa-sisa makanan atau minuman yang tertinggal berpotensi menjadi sarang kuman atau bakteri.

BACA JUGA:   Ketahui Tips Memilih Sofa Berkualitas Berikut Ini

Sisa-sisa makanan yang tertinggal dan tidak segera dibersihkan akan menempel kemudian berkembang menjadi plak hingga karang gigi yang bisa membuat gigi terkikis serta berlubang. Nah, adanya gigi berlubang berpotensi besar berpengaruh pada kesehatan organ dalam. Seperti ginjal, jantung dan lainnya. Berkaca pada kondisi tersebut, sangat dianjurkan bagi kita untuk menggosok gigi minimal 2 kali dan sehari. Sempurnakan menggunakan mouth wash untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Menambah Rasa Percaya Diri

Salah satu indikator mulut yang sehat bisa dilihat dari gigi yang putih dan bersih. Apabila gigi putih dan bersih, pasti kita akan semakin percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain. Terlebih apabila kita adalah seseorang yang memiliki profesi yang mengharuskan untuk bertemu dengan banyak orang. Kita bisa berkomunikasi secara santai dan bahkan orang lain yang sedang kita ajak bicarapun nyaman saat berkomunikasi dengan kita.

Menikmati Makanan Dengan Baik

Bayangkan apabila gigi kita berlubang lalu kita gunakan untuk mengunyah makanan. Pastinya sangat tidak nyaman bukan? Selain terasa ngilu, makanan akan masuk pada lubang dan tentu saja itu sangat menganggu. Alhasil, makanan yang awalnya lezat menjadi berkurang kelezatannya karena kondisi mulut dan gigi yang bermasalah.

BACA JUGA:   Tips Memperbaiki Spion Xenia Sistem Elektrik

Maka dari itu, apabila kita rajin merawat dan menjaga kesehatan gigi, dengan minimal menggosok gigi dua kali sehari, gigi dan mulut akan senantiasa sehat. Sehingga mulut dan gigi akan mampu menikmati makanan dengan baik.

Mencegah Terserang Kanker Mulut

Selain dianjurkan untuk menggosok gigi dua kali dalam sehari kita juga dianjurkan untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Dengan tujuan, gigi dan mulut akan diperiksa secara mendetail. Screening yang dilakukan oleh dokter bisa menemukan permasalahan sekecil apapun yang menyerang gigi. Termasuk penyakit gusi. Dan ketika penyakit gusi bisa didiagnosa sejak awal, maka resiko terserang kanker mulut bisa diatasi sedini mungkin.

Demikian tadi beberapa alasan mengapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Agar kesehatan tubuh benar-benar terjaga, bersihkan mulut dan gigi secara rutin dan imbangi pula dengan pola makan serta pola hidup yang sehat. Dengan begitu nikmatnya hidup sehat bisa kita peroleh. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


DMCA.com Protection Status

agar kesehatan terjamin kita harus ikut apa? (1), alasan penting nya menjaga kesehatan gigi dan mulut (1), mengapa kita harus menjaga kesehatan gigi (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda