Ketahui Cara Mendidik Anak Usia Dini


Anak kecil adalah peniru ulung. Ya, pernyataan sederhana ini bisa mewakili bagaimana serorang anak kecil akan selalu menjadikan apa yang dilihat dan didengarnya dari orang sekitarnya sebagai suatu hal yang harus dilakukan dan diikuti.

Semua orangtua tentu menginginkan anak yang patuh terhadap apa yang dikatakan orangtua. Namun yang menjadi masalah sekarang adalah, Anda sebagai orang tua haruslah paham jika anak kecil atau anak usia dini belum mampu menyaring informasi yang mereka dapatkan dari lingkungan. Lalu apa solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini?

Solusi tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami bagaimana cara mendidik anak usia dini di rumah, sehingga Anda bisa mengedukasi anak secara langsung. Sungguh miris ketika selama ini stigma yang berkembang di masyarakat adalah memasukan anak ke pendidikan usia dini merupakan sebuah pilihan yang baik dan cukup.

Untuk lebih jelasnya, berikut telah kami rangkum cara mendidik anak usia dini di rumah yang bisa Anda terapkan agar anak Anda tidak asal menyerap informasi yang mereka dapatkan dari lingkungan.

Mengajari Rutinitas dan Tingkah Laku


Usia dini adalah usia keemasan bagi anak. Mereka memiliki tingkah laku dan tindakan yang luar biasa. Untuk itu Anda harus bisa memanfaatkan periode ini dengan baik sebab periode tersebut tidak akan terulang kembali. Cara mendidik anak usia dini di rumah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajari sebuah kegiatan yang sifatnya rutinitas. Mulai dari kebiasaan saat makan hingga kebiasaan saat tidur.

BACA JUGA:   Kecanggihan Kamera Oppo F1

anak adalah digital native, cara mendidik anak usia dini

Contoh sederhananya, kenalkan anak tentang bagaimana cara makan yang baik. Kenalkan juga bahwa buah dan sayuran adalah makanan yang sehat dan bagus untuk dikonsumsi. Anak memang tidak akan langsung paham, namun dengan kontinuitas yang Anda berikan, pelan tapi pasti pelajaran sederhana dari Anda ini akan diserap dan melekat dalam otak anak.

Mengajari Kedisiplinan Dengan Konsep yang Tepat

Perlu dipahami bahwa sasaran Anda saat ini adalah anak yang masih berusia dini, sehingga Anda harus mengetahui betul bagaimana cara mendidik anak usia dini di rumah. Untuk mengajari sebuah kedisiplinan memang bukanlah hal yang mudah. Yang harus dijadikan catatan adalah jangan sampai Anda terlalu agresif dalam memberikan penjelasan kepada anak, jangan sampai Anda menuntut hasil langsung dari anak. Biarkan anak pelan – pelan menerima apa yang Anda contohkan.

Jika dalam praktiknya anak Anda melakukan kesalahan, berilah hukuman yang ringan, menyenangkan dan juga edukatif. Sehingga anak tetap bisa menikmati pelajaran yang Anda berikan.

Ajarkan Anak Untuk Mandiri

Cara mendidik anak usia dini di rumah selanjutnya adalah dengan mengajari anak agar lebih mandiri. Meskipun masih berusia dini, anak akan lebih suka diizinkan untuk mengenakan baju sendiri, makan sendiri, memakai sepatu sendiri dan lainnya. Dalam hal ini Anda cukup mendampingi dan membimbing anak supaya mereka bisa memakai baju sendiri dan lainnya dengan benar.

BACA JUGA:   Fungsi Keluarga Dalam Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak

Ajari Anak Untuk Mengenal Kehidupan Sosial

Dukung tumbuh kembang anak Anda dengan mengenalkan anak dengan kehidupan sosial. Poin ini juga masuk dalam daftar cara mendidik anak usia dini di rumah sebab bagaimanapun juga Anda adalah orangtua yang wajib membimbing dan mendampingi proses perkembangan anak, dan proses itu bermula dari lingkungan keluarga sebelum akhirnya mengarah ke kehidupan sosial atau lingkungan sekitar rumah.

Pengaruh negatif dari luar memang sangat banyak, oleh karena itu berikan batasan – batasan pada anak agar anak mengerti manakah yang baik dan tidak. Luangkanlah banyak waktu untuk selalu mendampingi anak saat berinteraksi dengan orang lain di luar rumah.

Demikianlah beberapa cara mendidik anak usia dini di rumah. Tidak mudah memang, tapi percayalah, usia dini adalah usia dimana anak akan sangat mudah menyerap informasi yang Anda sampaikan. Dan ketika Anda rajin mengulang – ulang informasi yang sama, maka hal demikian akan terekam oleh otak anak dan bisa dijadikan bekal ketika sudah beranjak remaja nanti. Semoga bermanfaat.

 



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda