X
    Categories: imers

Keyword Research Tool pengganti Google Keyword Planner


Keyword research tool merupakan salah satu tool yang banyak digunakan para blogger/ content maker sebagai referensi konten apa yang harus mereka buat dan sekiranya dapat meledak. Jika rekan-rekan sudah memiliki akun di Google Adwords, rekan-rekan bisa menggunakan bantuan Google Keyword Planner. Sayangnya, saat ini untuk mengakses Google Keyword Planner dari seorang pengguna Adwords baru bisa dibilang susah. Susah karena sebelumnya kita harus membuat campaign berbayar dulu di Adwords.

Mau tidak mau, blogger membutuhkan alternatif keyword research tool selain keyword planner ini. Bisa dibilang untuk menemukan keyword tool yang bagus dan gratis agak susah. Kebanyakan keyword research tool yang digunakan para mastah adalah yang berbayar, misalnya ezkeyword.

Ada gak research tool yang gak berbayar? oh ada. Blogger yang memiliki akun Google Webmaster bisa menggunakan fitur search analytics yang berada di Google Search Console. Pengguna WordPress bisa memantau kata kunci yang masuk lewat Jetpack statistic maupun plugin fenomenal semacam SearchTermsTagging-2.  Masalahnya, semua alat di atas hanya memantau kata kunci yang digunakan user untuk mengakses blog kita. Bukan kata kunci yang mereka ketikkan di halaman pencarian.

Di luar itu kita bisa menggunakan tools keywordtool.io maupun ubersuggest. Berita buruknya, di keyword tool dot io, kita hanya bisa melihat apa saja kata kunci yang bertebaran di sana. Tetapi untuk volume pencarian dan nilai CPCnya di hidden. Versi revealed hanya diberikan untuk pemilik akun keyword tool pro. Nah sama aja bohong.

Keyword Everywhere

Untungnya, kita bisa menggunakan salah satu addons yang dapat diinstall di Chrome maupun Firefox, plugin ini bernama KeywordEverywhere. KE merupakan addons yang sangat berguna karena memiliki kemampuan untuk menampilkan volume hasil pencarian dan CPC di bawah search bar pada halaman SERP Google atau dibagian related search

volume pencarian dan CPC di hasil pencarian

 

bisa digunakan untuk melihat CPC keyword

Untuk pengguna analytics dan webmaster, addons ini juga menambahkan kolom serupa dalam tabel yang muncul.

tampilan di fitur search analytics pada google webmaster

 

tampilan keyword everywhere di google analytics

Keyword Research Tool menggunakan KeywordTool.io & KeywordEverywhere

Oke, pertama kali kita kita memerlukan addons KE di browser yang bisa diakses disini atau untuk pengguna firefox bisa mencarinya disini. Install dan aktifkan extension tersebut. Selanjutnya buka halaman KT.io masukan keyword yang ingin dicari, berikut google domain (co.id atau yang lain) dan bahasa yang digunakan.

Selanjutnya akan muncul keyword suggestion yang berisi kata kunci terkait.

Karena disini kita tidak bisa melihat volume dan CPC, maka kita pilih tombol copy all di kanan atas. Selanjutnya buka halaman CPC & Volume Searcher KE. Oh ya untuk mengakses halaman KE, posisi addons harus dalam kondisi aktif dan lalu kita pastekan saja hasil dari KT.io dan klik tombol Get Search Volume and CPC 

Disini kita bisa menemukan berapa search volumenya, CPC dan tingkat kompetisi kata kunci yang kita cari. Tingkat kompetisi bervariasi mulai angka 0 (very low) sampai paling berat angka 1 (very high). Kita bisa memilih kata kunci terbaik, siapa tahu nemu short tail keywords yang bisa dioptimasi.

Untuk yang masih bingung dengan penjelasan saya, bisa juga pantengin video dari suhu Ahyari

atau bisa juga dilihat disini

 *artikel ini tercipta juga setelah liat video itu kok*

**recommended**


Post You May Also Like

anotherorion: Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.