Kooliah, more than e-learning


Sebagai seorang berlatar belakang dunia pendidikan, baik sebagai mahasiswa, guru dan mantan asisten dosen. Aku ngerti banget bahwa belajar itu tidak harus berada di ruang kelas. Keterbatasan ruang dan waktu untuk mengikuti sesi pembelajaran di kelas ini yang seringkali membuat ilmu yang harus disampaikan kepada siswa/ mahasiswa terbatas pada lingkup basic saja.

Yang terpenting adalah dasarnya dulu, soal implementasi, biar nanti siswa dan mahasiswa yang mengembangkan sendiri di luar. Masalahnya, tidak semua mahasiswa/ siswa kita punya jiwa pengembangan diri yang bagus. Keinginan mereka untuk belajar seringkali terbatas dengan permasalahan khas seperti dimana sumber belajar yang bagus, bagaimana jika mengalami kesulitan? adakah yang akan membimbing? apakah akses ke sumber belajar itu mudah?

Nah, untuk mengatasi masalah-masalah seputar ini, saat ini telah hadir sebuah applikasi berbasis Android yakni Kooliah. Kooliah, adalah sebuah platform aplikasi pendidikan yang mengkhususkan diri di bidang pengembangan pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Kita sering menjumpai platform e-learning untuk pendidikan jenjang sekolah, nah di Kooliah ini, mereka memfokuskan diri untuk melayani mahasiswa dan calon mahasiswa.

Wait, calon mahasiswa? maksudnya gimana?

The First and Only One Pre-Study Apps

Oke, sekarang buat kalian yang sudah masuk di perguruan tinggi. Mari kita sedikit flashback mengenai pengalaman kita dulu saat memilih jurusan yang kita tempuh sekarang. Beberapa dari kita, saat ini menempuh kuliah di jurusan yang merupakan opsi kedua, atau ketiga dari jurusan yang kita minati saat proses seleksi mahasiswa dahulu. Beberapa dari kita, istilahnya waton mendaftar, ada yang mendaftar karena gebetannya masuk jurusan yang sama, ada yang mendaftar karena menganggap jurusan itu keren, ada yang bener-bener asal mendaftar, yang penting bisa kuliah di universitas anu.

kuliah bareng kooliah

Biasanya, mahasiswa yang semacam ini akan kesulitan pada saat menempuh pendidikannya. Mereka terkaget-kaget dengan silabus, mata kuliah dan tugas-tugas kuliah yang diberikan. Karena dulu mendaftarnya asal-asalan, banyak dari mereka kemudian berakhir sebagai mahasiswa veteran. Ya, mahasiswa yang lama lulus karena mereka masuk jurusan yang bukan passion mereka.

BACA JUGA:   Lomba Blog Indonesia Halal

Di Kooliah, kamu bisa mengenal jurusan yang menjadi targetmu selepas lulus jenjang SMA. Kamu bisa mempelajari seputar jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi. Kenapa begitu? ya karena beda jurusan, beda juga fokus ilmu yang dipelajari. Coba sebutkan apa perbedaan jurusan Teknik Kimia dan Ilmu Kimia? Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer? Teknik Elektro dan Teknik Elektronika? Teknik Sipil dan Arsitektur? Setiap jurusan di atas, meski berada dalam disiplin ilmu yang sama, tapi punya perbedaan-perbedaan satu sama lain, terutama dalam fokus ilmu yang nantinya dipelajari.

Bayangkan kamu ingin memperdalam ilmu seputar electrical power plant, tapi terdampar di jurusan yang fokus mempelajari instrumen elektronika. Di Kooliah, kamu akan dibantu oleh para mentor yang berasal dari jurusan sama untuk memperoleh gambaran seperti apa sih jurusan yang kamu mau, apa yang dipelajari di sana dan prospek kerjanya nanti seperti apa.

Kooliah, More Than e-Learning

Oke, kita nanti dapet gambaran kira-kira bakalan mempelajari tentang A, B, C, D. Tapi jujur, sebagai lulusan SMA, belum tentu kamu bakalan langsung paham dengan penjelasan yang diberikan. Di applikasi Kooliah versi 2.0 nantinya, calon mahasiswa bisa mendaftar untuk melakukan study trials. Di sini, calon mahasiswa akan merasakan atmosfer pembelajaran layaknya seorang mahasiswa di kampus. Dengan begitu kamu bisa menentukan apakah kamu nanti bisa beradaptasi dengan ilmu yang diberikan atau memilih mencari jurusan lain karena tidak sesuai dengan passion yang kamu inginkan.

belajar di kooliah


Oh ya, aku bilang kan klo Kooliah ini more than e-learning? Kalo gitu kita juga bisa belajar beneran disini? Yep, you are right! Kamu bisa mempelajari aneka materi seputar jurusanmu. Di Kooliah versi 1.8, ada materi presentasi/ video yang bisa kamu baca dan pelajari. Selanjutnya untuk menguji pemahamanmu kamu bisa mengisi kuis terkait dengan materi dalam presentasi tadi. Yang keren, ada menu request, dimana kamu bisa minta dibuatkan materi yang ingin kamu pelajari di Kooliah termasuk apa kamu butuh mentor untuk materi tersebut, ini nih yang ngebedain banget antara Kooliah dengan platform e-Learning kebanyakan.

BACA JUGA:   Amazing Sleman, mengenal potensi wisata Sleman lewat ponsel

applikasi elearning mahasiswa perguruan tinggi kooliah

Saat ini, Kooliah juga sedang mengembangkan platform  e-learningnya agar lebih personal dan lengkap sesuai dengan kebutuhan usernya. Antara lain dengan menambah jurusan-jurusan lain selain yang sudah ada dalam platform, maupun memperkaya konten e-learningnya agar lebih variatif.

Tapi ya mas, biaya kuliah tuh kan mahal. Meski bisa lolos seleksi kuliah tapi kalau gak bisa bayar uang kuliah gimana? Nah, ini salah satu terobosan Kooliah, kamu bisa nemu juga info Beasiswa yang bisa kamu apply untuk meringankan biaya study kamu. Saat ini banyak lembaga profit maupun non-profit yang memberikan beasiswa. Tapi informasi mengenai beasiswa tersebut agak sulit diakses, jarang yang tahu. Dengan aplikasi ini, tentu kamu akan terbantu banget untuk memantau beasiswa apa saja sih yang bisa kamu dapatkan.

Selain keunggulan tersebut di atas, Kooliah juga akan memperlengkapi diri dengan informasi seputar konferensi ilmiah, seminar, info jurnal, dan info akademis lain. Kamu bisa banget mengkonsultasikan masalah tersebut dengan tim dari Kooliah nantinya.

Gimana cara make Aplikasi Kooliah?

Bisa gak sih mengakses aplikasi kuliah langsung dari hapemu? Oh bisa banget, kamu juga bisa pake Smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE601 KL buat menunjang aktivitasmu selama belajar menggunakan Kooliah, atau melakukan aktifitas kuliah lainnya. Dengan layar 6″ full HD, bikin tampilan apapun di layar HPmu cerah, kamera keren 13 MP mendukung super HDR, apalagi dengan dukungan mode Lowlight yang bisa bikin kamu mengambil gambar jernih di lingkungan redup cahaya. Koneksi Cat 4 LTE yang dibenamkan di dalamnya memungkinkan kamu mengakses materi kuliah dari internet dengan lebih cepat dan lebih efektif.

mode low light asus zenfone 2 laser

Penasaran dengan kerennya aplikasi ini? Yuk download aja di Play Store untuk mendapatkan update terbaru terkait jurusan favoritmu.

lomba blog kooliah


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda