Krisis Percaya Diri Karena Komedo? Cara Mengatasi Komedo Berikut Ini Patut Anda Coba


Komedo adalah permasalahan kulit muka yang paling sering dialami oleh banyak orang. Entah itu pria maupun wanita. Apabila jumlah komedo itu tidak banyak mungkin masih bisa diabaikan. Namun bila komedo itu banyak tentu saja akan membuat tidak nyaman serta berakibat pada hilangnya rasa percaya diri. Dengan demikian Anda perlu mengetahui cara mengatasi komedo agar komedo pada kulit wajah Anda bisa segera dihilangkan.

Komedo merupakan permasalahan dimana terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit yang memunculkan tonjolan-tonjolan kecil dengan warna putih (whitehead) atau tonjolan hitam (blackhead) di sekitar kulit muka. Biasanya komedo akan muncul pada muka, area sekitar hidung dan mata. Apabila dibiarkan, komedo dapat berpotensi menjadi jerawat atau yang biasa disebut dengan papul / pustule. Secara umum komedo ini muncul pada saat atau seusai masa pubertas. Dimana sebum yang dihasilkan oleh hormon cenderung meningkat.

Sebenarnya sebum itu sendiri bertugas untuk melembabkan kulit wajah yang keluar melalui pori-pori yang terbuka. Akan tetapi kadang-kadang proses keluarnya sebum tersebut tersumbat dan berakibat pada menumpuknya bakteri.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah kulit wajah jenis ini pasti mulai risih sebab munculnya komedo mengurangi rasa percaya diri Anda. Nah, jangan khawatir ya, berikut ini akan kami ulas mengenai cara mengatasi komedo secara alami yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

BACA JUGA:   Membeli Rumah Dengan KPR, Ini Langkah – Langkahnya

Gunakan Baking Soda

Baking soda yang menjadi salah satu bahan untuk membuat kue ini ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo. Kotoran dan kuman yang bersarang di wajah Anda bisa dengan mudah diatasi menggunakan baking soda ini.
Caranya cukup mudah, yakni siapkan dua sendok teh baking soda dan air matang. Lalu campurkan keduanya hingga menjadi pasta. Selanjutnya oleskan pasta tadi pada bagian kulit yang ada komedonya. Berikan pijatan lembut saat mengoleskannya agar olahan pasta bisa diserap oleh kulit. Diamkan selama bebera menit atau tunggu hingga kering. Apabila sudah, segara bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terapkan treatment ini dua kali dalam seminggu.

Masker Buah Pepaya

Buah yang memiliki warna oranye dan rasanya manis ini memiliki andil besar untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Termasuk untuk mengatasi komedo. Kandungan papain yang dimiliki oleh pepaya ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan proteolitik pada pepaya juga berguna untuk mencegah maupun menghilangkan komedo dan jerawat.
Untuk mengatasi komedo dengan pepaya, Anda bisa membuat masker dari daging pepaya. Haluskan daging pepaya hingga lembut seperti bubur. Lalu oleskan masker pepaya pada wajah yang berkomedo. Diamkan hingga mengering lalu bilas sampai bersih.

BACA JUGA:   Cara Merawat Ruam Popok dan Alergi Pada Bayi

Masker Lidah Buaya

Selain untuk merawat rambut, gel pada lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo. Tanaman lidah buaya ini memiliki dua jenis kandungan, yaitu auksin (hormone untuk penyembuhan) dan giberelin (sebagai anti-inflamasi yang membantu meminimalisir peradangan kulit).

Mengatasi komedo menggunakan lidah buaya juga sangat mudah. Cukup siapkan satu batang lidah buaya. Lalu iris menjadi dua bagian. Ambil gel-nya dan oleskan pada area yang berkomedo. Gunakan masker lidah buaya secara rutin agar komedo bisa benar-benar hilang.

Gunakan Uap Air Panas

Saat merebus air, manfaatkan uap panasnya untuk mengatasi komedo. Bisa juga dengan menambahkan garam pada rebusan air. Tunggu hingga mendidih, kemudian uapi wajah Anda selama 5 sampai 10 menit. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan handuk sebagai penutup kepala agar uap panas bisa langsung mengarah pada wajah. Selain bisa menghilangkan komedo, treatmen dengan uap air ini juga dapat melancarkan peredaran darah serta meredakan flu.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi komedo dengan menggunakan bahan-bahan alami. Meskipun bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan produk-produk kecantikan yang secara khsusus digunakan sebagai salah satu cara mengatasi komedo. Tapi pastikan Anda membeli produk yang terpercaya dan aman agar komedo bisa diatasi dengan baik.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda