Langkah Sederhana Agar Kompor Gas Tetap Awet


Kini sudah sangat jarang sekali dijumpai ibu rumah tangga yang masih memasak menggunakan kompor minyak. Keberadaan minyak tanah yang langka memang menjadi salah satu hal yang menyebabkan masyarakat pada akhirnya memilih untuk menggunakan kompor gas.

Dari segi harga, daftar harga kompor gas memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kompor minyak. Wajar, sebab dari fungsi hingga kepraktisannya memang dapat memberikan kemudahan lebih banyak daripada kompor minyak.

Selain daftar harga kompor gas yang beragam, jenis kompor gas yang digunakan pun bermacam-macam. Ada yang satu atau dua tungku, hingga kompor gas portable. Kompor gas portable ini biasanya digunakan saat tengah melakukan jelajah alam atau pendakian gunung misalnya.daftar harga kompor gas murah

Meskipun demikian, masyarakat pada umumnya menggunakan kompor gas yang mana selang kompor langsung dihubungkan dengan gas. Penggunaan kompor gas memang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada. Jika anda adalah seorang ibu rumah tangga, tentu akan lebih memilih kompor gas jenis ini meskipun daftar harga kompor gas tersebut mahal. sebab kompor gas dengan selang yang dihubungkan langsung dengan tabung gas akan jauh lebih praktis untuk digunakan.

Kompor gas memang dikenal dengan peralatan dapur yang cenderung praktis dan bersih daripada kompor minyak. Namun bukan berarti anda boleh mengabaikan perawatan kompor gas tersebut. Sederhana saja, apabila anda ingin kompor gas anda tetap memberikan api yang menyala biru, itu berarti anda juga harus rutin melakukan perawatan yang tepat.

Lalu bagaimana cara membersihkan dan merawat kompor gas agar senantiasa bersih dan apinya tetap menyala biru? Simak ulasan berikut ya!


BACA JUGA:   Resep Minuman Tradisional Teh Talua Padang

Lepaskan bagian-bagian kompor

Ini merupakan langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum membersihkan kompor gas. Lepaskan bagian kompor, mulai dari selang gas, corong api, pemantik api, kepala tungku api, dan tombol api.

Bersihkan, atau lap dengan kain basah

Setelah bagian-bagian kompor telah dilepas, kini anda bisa membersihkan bagian-bagian kompor tersebut. Dimulai dari selang gas. Anda dapat membersihkan selang gas dengan menggunakan lap basah. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak adanya keretakan atau kebocoran pada selang.

Selanjutnya, bersihkan tungku. Jika ada, bukalah tutup besinya. Lalu lap dengan kain lembab hingga bersih, lakukan hal yang sama pada cerukan tungku. Jika lapisan yang terdapat geriginya dapat dilepas, maka lepaslah terlebih dahulu, kemudian bersihkan dengan sikat plastik. Bersihkan dengan irama yang pelan agar kotoran yang ada pada lubang tersebut bisa keluar. Perlu diketahui bila kotoran inilah yang menyebabkan nyala api yang seharusnya biru menjadi merah.

Rendam corong api

Corong api ini pada umumnya terbuat dari kuningan atau tembaga yang mana sangat mudah berkarat. Untuk membersihkannya tidak cukup menggunakan lap basah seperti halnya selang gas dan tungku. Anda dapat membersihkan corong api ini dengan cara merendamnya dengan air larutan asam sitrat dengan durasi sekitar 2 hingga 4 jam. Jika sudah, sikat corong api tersebut hingga warna aslinya kembali.

Cegah kebocoran gas

Periksa seteliti mungkin untuk memastikan apakah selang mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu, pastikan selang gas tersebut mengalirkan gas pada pipa kompor sedalam mungkin.

Periksa regulator secara rutin

Regulator berfungsi mengatur tekanan gas yang mengalir dari tabung gas. Oleh karena itu pastikan jika regulator ini terpasang dengan benar. Biasanya tekanan idealnya berada pada low pressure. Jangan mengatur tekanan berlebih, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan ledakan.

Bersihkan kompor seusai memasak

Untuk menjaga kebersihan kompor, usahakan untuk selalu membersihkan kompor setiap kali selesai memasak. Jika tidak, kotoran atau noda yang dibiarkan, lama-lama akan mengering dan semakin sulit untuk dihilangkan.

Bersihkan tabung gas dengan sabun

Untuk membersihkan tabung gas ini sangat mudah, anda cukup mencucinya dengan menggunakan sabun cuci, ratakan atau gosok-gosok hingga bersih, kemudian bilas.

Demikian tadi beberapa cara untuk membersihkan dan merawat kompor gas agar selalu bersih dan apinya tetap menyala biru. Langkah yang cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan secara mandiri. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


DMCA.com Protection Status

Cara membersihkan kepala kompor tabung minyak tanah (2), agar kompor tidak mudah berjarat (1), Foto Kompor gas dua tungku mungil (1), gambar cerukan tungku gas (1), gambar cerukan tungku kompor gas (1), kompor gas jarang digunakan (1), kompor gas portable agar awet (1), kompor gas succes (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda