Laptop Gaming Asus ROG G752VS


Sepuluh tahun yang lalu, ASUS mengibarkan lini laptop gaming premium mereka. Lini ini diberi nama Republik of Gamer. Dulunya, laptop merupakan sebuah perangkat komputasi yang berperan sebagai PC dengan kemampuan mobile saja. Karena fungsinya sebagai sebuah perangkat mobile, maka spesifikasi dan kemampuan yang dihadirkan memang lebih light dari PC desktop. Akan tetapi, Asus merubah konsep tersebut dengan berani memunculkan Laptop Gaming ASUS ROG.

Kemunculan laptop gaming merubah pola pasar di masa itu, user tidak lagi melihat laptop sebagai device pelengkap dengan kemampuan terbatas tetapi juga device utama yang powerfull untuk berbagai kebutuhan.


Laptop Gaming ASUS ROG G750VS

Menginjak triwulan akhir tahun 2016, bersamaan dengan pembukaan ASUS ROG Corner di Kana Computer Yogyakarta. Asus Indonesia menampilkan salah satu produk premium mereka yakni ASUS ROG G750VS ke pada media. Sebagai Laptop Gaming, ASUS ROG G750VS dibekali kemampuan yang bisa terbilang sangar.

Apa yang aku lihat pertama kali adalah body ROG G750VS yang sangat premium. G752VS memiliki dimensi yang cukup besar 385 x 255 x 32.4mm. Notebook ini memiliki ketebalan kurang lebih 3 cm dan berbobot sekitar 4 kilogram serta memiliki layar 17.3″.

Nuansa futuristik akan langsung terasa dari bentuk body yang aerodynamis, apalagi pada saat tombol power dinyalakan. Lampu belakang layar, lampu kipas dibagian underbone dan sela-sela keyboard berwarna merah menyala akan memberikan nuansa garang dan siap melumat beraneka game kelas berat.

tampilan belakang layar asus rog g752vs
led di belakang layar asus rog g752vs

Selain melengkapi laptopnya dengan keyboard standar, beberapa tombol extensi ditambahkan di dalam body laptop, antara lain tombol untuk melakukan gamecaster. Dan ada lima tombol shortcut untuk gamers yang bisa disetting sesuai game masing-masing. Fungsi tombol gamecaster ini untuk melakukan perekaman layar pada saat bermain game, maupun untuk livestreaming di channel internet. Tombol ini akan membantu gamers untuk me-live kan permainan gamenya atau sekedar memberikan panduan video kepada gamers lain lewat Youtube. Keyboard G752VS dilengkapi teknologi anti ghost yang membuat penekanan multi tombol bersamaan dapat dieksekusi lebih sempurna pada permainan game

Processor Intel i7 2,7 GHz

Berlanjut ke bagian jeroan ASUS ROG G752VS ini, aku cukup terkejut ketika ASUS memilih processor Intel sebagai otak utamanya. Mengingat selama ini processor AMD yang banyak digunakan dalam laptop gaming. Akan tetapi Bapak Firman selaku Head of Public Relations Asus Indonesia mengatakan; pemilihan Intel i7 6820 2,7GHZ sebagai processor utama G752VS ini adalah untuk memberikan dukungan lebih kepada gamers dengan perkembangan teknologi processor terbaru. Processor ini berbekal teknologi Skylake 14 nm dengan 4 core dan 8 thread sekaligus. Bagi gamers yang gemar melakukan overclocking, processor ini dapat dioverclock hingga kecepatan 3,5 GHz menggunakan Intel Turbo Boost Technology.

cpu-z



NVIDIA Pascal

Kartu Grafis merupakan nyawa sebuah gaming computer, tidak terkecuali untuk lini Republic of Gamers. Asus selalu memberikan kartu grafis terbaik yang ditanamkan di seri laptop ROG mereka. Pengolahan grafis ini selanjutnya ditangani oleh GPU NVidia GTX1070 berteknologi Nvidia Pascal. Penggunaan teknologi ini mampu melonjakkan performa gaming 2,5 kali lipat dibanding pendahulunya GTX970. GTX1070 memiliki Cuda scoress 2048, VRAM 8 GB DDR5 memory speed 8 Gbps dan tingkat clock boost mencapai 1645 MHz.

gpu-z

Bentangan layar IPS 17.3″ terbilang sangat lega untuk ukuran notebook gaming kelas premium. Resolusi yang dihadirkan laptop gaming Asus ROG G752VS ini sebesar 3840×2160 atau Ultra HD, dengan refresh rate 60 Hz, sangat halus dalam memberikan transposisi detail tampilan di layar. Asus juga membenamkan NVIDIA G-SYNC untuk menyesuaikan fresh rate layar dengan fresh rate yang ditampilkan GPU terutama pada saat bekerja berat menghasilkan ledakan-ledakan dalam game.

ASUS juga menghadirkan ASUS Splendid Technology untuk mengatur empat mode layar. Yaitu Normal, Eye Care, Vivid dan Manual. Mode Normal merupakan mode tampilan pada saat penggunaan biasa, Eye Care dikhususkan pada mereka yang bekerja/bermain terlalu lama dengan laptop.

Dengan mode ini, cahaya biru yang ditampilkan pada layar akan dikurangi hingga 33% agar mata tidak cepat lelah. Vivid mode digunakan untuk menghasilkan ketajaman dan kontras terbaik, misalnya saat bermain game, melakukan rendering atau editing visual lain yang memerlukan ketelitian warna sangat tinggi. Sementara mode manual dapat dioperasikan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka.

Audio menggelegar dengan Sonic Bass Woofer

Untuk memberikan pengalaman gamers yang lebih nyata, dukungan audio premium tentu sangat diperlukan. Asus menjawabnya dengan menambahkan 2 Sonic Bass Woofer di kanan kiri body laptopnya, tidak hanya dari segi hardware, Asus memadukan keunggulan hardware, software dan tunning audio secara presisi, antara lain Audio Sonic Master, RoG Audio Wizard dan Asus Noise Supression.

Dingin dengan 3D Vapor Chamber

Panas adalah musuh semua perangkat elektronik, apalagi sebuah laptop gaming semacam ASUS ROG, yang pemacuan performanya gila-gilaan tentu menjadikan panas adalah salah satu faktor paling utama yang harus direduksi. ASUS menghadirkan teknologi terbaru mereka yang disebut 3D Vapor Chamber.

laptop gaming asus rog g752vs

Teknologi ini memang bertanggung jawab terhadap membengkaknya body laptop gaming ASUS ROG G752VS, akan tetapi Asus menyiasatinya dengan memberikan desain sirip keluaran kipas dengan elegan dibagian belakan bodynya. Desain ventilasi panas di belakang ini juga memastikan panas akan segera terlepas ke udara bebas, tidak mengarah ke bawah yang malah bisa menghasilkan panas tambahan pada desain laptop pada umumnya.

Teknologi ini menggunakan heatpipe dan cairan untuk melepaskan panas, pada saat processor memanas, cairan akan menyerap panas dan menjadi uap, uap yang telah menyerap panas itu akan terkondensasi kembali menjadi cairan yang siap melepaskan panas berikutnya. Teknologi ini akan bekerjasama dengan duo-copper thermal solution dimana Asus memberikan dua kipas tambahan di dalam bodynya yang memastikan panas lebih cepat keluar dari dalam body laptop.

Musuh sebuah sistem pendingin yang paling klasik adalah debu yang menempel. Tidak jarang sebuah laptop yang telah lama dipakai mendadak cepat panas dan performanya berkurang, meski secara pemakaian tidak masalah. Hal ini karena datangnya tamu tak diundang yang berbentuk butiran debu ke dalam sistem pendinginnya.

Debu dari udara yang masuk dari lubang pembuangan panas biasanya menempel di sistem utama laptop seperti CPU dan GPU, membuat proses pelepasan panas dari kedua komponen ini terhambat. Untuk mengatasinya ASUS menerapkan teknologi Anti Dust Thermal Tunnel. Fitur ini secara ekslusif di desain untuk mengatasi debu dan kotoran yang mungkin menempel pada kipas maupun komponen lain.

asus dust thermal

Jika fitur gaming sudah kita ulas, maka bagaimana dengan fitur laptop gaming ASUS ROG G752VS sebagai sebuah laptop untuk keperluan multipurpose?

Yep, meski berstatus sebagai laptop gaming, bukan tidak mungkin user akan menggunakan laptopnya untuk melakukan berbagai aktifitas komputasi harian lainnya. Penggunaan intel i7 sebagai processornya seperti disebutkan di awal artikel salah satunya adalah untuk memberikan dukungan multipurpose ini. Tentu kita mahfum bahwa processor-processor keluaran intel merupakan processor yang paling handal untuk melakukan berbagai kegiatan multitasking.

Apakah spesifikasi Laptop Gaming ASUS ROG G752VS ini sangat mumpuni?

Yes, I’m sure, G752VS ini kemampuan hardwarenya bahkan melebihi kemampuan server yang digunakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer di sekolah penyelenggara. Performa RAM 8Gb dan dukungan media penyimpanan 1 TB HDD dan 2 expansion slot PCI-E SSD memberikan jaminan proses komputasi yang cepat dan penyimpanan yang super lega. Penggunaan SSD ini tentu memberikan keunggulan akses data yang lebih cepat di hardisk. Kapasitas baterai yang ditanamkan juga cukup mumpuni, yakni 8 cells dengan penggunaan 90wh.

benchmark-pc-mark-8-home

Jangan kuatir tidak bisa selfie dengan ROG G752VS. Kamera webcamnya memiliki kualitas HD, dukungan koneksi WIFI 802.11bgn memastikan koneksi internet via hotspot lancar. Bicara soal harga, mungkin bisa membuat mata terbelalak, tetapi dengan kemampuan yang luar biasa semacam ini, tentunya mampu memberikan hasil terbaik untuk pengguna.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda