Laptop sering mati saat tersenggol


Laptopku beberapa bulan terakhir agak ganjen, yaitu jika dipakai untuk mengetik dengan tekanan yang cukup keras, atau body casingnya diketuk-ketuk, akibatnya laptop sering mengalami power off, shutdown atau sekedar sleep saja. Perbedaan akibat yang ditimbulkan tersebut membuatku berkesimpulan kalau hal ini karena faktor hardware, bukan kerjaan malicious ware semacam virus.

Yang pertama aku curigai adalah keyboard, karena bagian bawah metal keyboard kemungkinan bersinggungan dengan kabel flexi power. Tapi setelah papan keyboardnya aku congkel semua, ternyata hal tersebut masih terjadi. Bukan itu saja, area sensitif pada body laptop juga semakin bertambah, tidak lagi hanya berada di sekitaran tombol power, tetapi juga pada casing sebelah mouse pad.


kabel flexi power laptop

Aku meminta anak kelas XII buat membongkar laptopku, karena kebetulan mereka waktu PKL berada di bagian maintenance toko komputer yang sering bongkar pasang laptop juga. Kenapa gak aku saja yang mbongkar? hehe bukan karena kalah ilmu kok, tapi lagi butuh ngerjain yang lain aja, sekalian pengen tau kemampuan anak-anak. Halah alesyan 😀

Setelah dibongkar pasang beberapa kali kasusnya tetep sama, meski tanpa keyboard terbenam (hanya dihubungkan via kabel flexi keyboard) ternyata masih saja laptopnya genit jika diketuk sekali off, diketuk 2 kali nyala lagi.

Aku curiga dengan jalur kabel flexi yang ada, lalu aku suruh memberikan alas agar kabel flexi tersebut tidak mengenai papan keyboard, hasilnya? sama aja. Dan setelah beberapa kali pencarian akhirnya ketemu juga biang keroknya.


Tepat di bawah tombol power, kabel flexi power ditekuk untuk selanjutnya dihubungkan ke motherboard, dibagian tekukan tersebut aku melihat ada bagian kabel flexy yang lecet, sementara tepat dibagian kabel yang terkelupas tersebut bersentuhan dengan heatsink processor.

And thats why my laptop restart terus menerus.

Setelah menutup bagian kabel dengan kertas label, dan di test diketuk ketuk body casing dan papan keyboardnya berkali-kali hasilnya laptop tetap bergeming ogah melakukan force shutdown. Artinya tersangkanya memang sudah ketemu dan masalah sudah selesai.

Jika teman-teman ada yang mengalami laptop sering mati saat tersenggol, bisa jadi kabel flexi powernya terkelupas dan menempel di perangkat yang berbahan dasar metal, sehingga menimbulkan short circuit (dalam kasus ini nge-ground tanpa disengaja).


DMCA.com Protection Status

penyebab layar laptop mati kalau tersenggol (2), cpu mati saat tersenggol (2), laptop layar mati kalau tersenggol (2), penyebab laptop sering mati ketika tersenggol (1), layar laptop sering mati saat tersenggol (1), laptop restart saat diketuk (1), laptop mati sendiri jika tersenggol (1), laptop kesenggol sedikit mati (1), laptop disenggol mati (1), laptop bila di tekuk layar mati (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Laptop sering mati saat tersenggol

  • Sandi Iswahyudi

    (September 29, 2015 - 8:33 pm)

    Leptop saya dahulu pernah mengalami yang kayak begini mas. O ternyata ada masalah di itunya.

    • anotherorion

      (September 30, 2015 - 9:21 am)

      bisa karena faktor ngeground mas, klo nggak nempel di casing, heatsink / panel keyboard

Berikan tanggapan anda