Layanan after sales ala blogger


Layanan after sales atau layanan purna jual mungkin sering kita dengar dari beberapa jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan masing-masing. Dulu aku mikirnya layanan after sales itu maksudnya klo kita jual lagi barangnya (barang second) maka nilainya akan tetap tinggi, ternyata bukan. Layanan after sales maksudnya adalah layanan yang diberikan perusahaan setelah pengguna melakukan pembelian produk.

Sebagai contoh, showroom penjualan kendaraan umumnya menawarkan layanan after sales berupa ganti oli dan service gratis selama beberapa bulan ke depan agar konsumen tertarik melakukan pembelian produk di gerai mereka. Sementara operator seluler juga memberikan layanan after sales berupa kemudahan-kemudahan atau promo setelah seseorang tercatat sebagai pengguna produknya.

Lalu bagaimana dengan layanan after sales blogger?

Tidak dapat dipungkiri saat ini blog telah menjadi wahana marketing yang efektif dan murah jika dibandingkan dengan penggunaan media broadcast maupun sewa display di tempat-tempat strategis. Disini peran blogger adalah sebagai penyedia jasa, dan perusahaan client sebagai pengguna jasanya. Ketika sebuah perusahaan memutuskan bekerjasama dengan seorang blogger tentu dengan pertimbangan bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan dibanding menggunakan jasa blogger lain.

BACA JUGA:   Mati satu tumbuh seribu

layanan after servis ala blogger

Setelah seorang blogger menuntaskan pekerjaan utamanya, yaitu membuatkan review produk, lalu layanan after sales seperti apa yang bisa kita berikan pada perusahaan klien tersebut?

Meskipun artikel blog dapat dengan mudah di crawler oleh mesin pencari setelah ditulis dan dipublish, tentunya akan menjadi sebuah nilai tambah jika blogger tersebut juga mempromosikan artikel review mereka ke ranah social media dimana banyak orang berkumpul di dunia maya.

Menghubungkan feed blog dengan berbagai layanan social media seperti facebook, twitter, linkedin dan lain sebagainya tentu akan meningkatkan visibilitas artikel yang dipesan oleh klien. Dengan demikian meskipun client hanya membeli artikel kita, tetapi kita memberikan layanan purna jual yakni menyebarkan link artikel ke berbagai akun social media yang kita miliki, syukur2 dengan memention akun milik klien tersebut, syukur2 dengan melakukan livetweet yang berisi poin poin keunggulan produk yang kita simpulkan dari artikel kita. Aku yakin dengan cara demikian, klien akan lebih tertarik untuk bekerjasama lagi dengan blog kita.

BACA JUGA:   Tiga kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Layanan after sales ala blogger

  • diba

    (Desember 27, 2015 - 3:26 pm)

    Ada yg bilang kalo bisa kasih report berapa pv nya. Kl pv ini aku suka malu ngelaporinnya..hiks..

    • anotherorion

      (Desember 29, 2015 - 12:41 am)

      nek aku enggak sih mbak, tapi sempet ada yang minta ya tak kasih

Berikan tanggapan anda