Limit virtual memory dan CPU usage hosting


Adalah sebuah kenyataan jika menggunakan hosting sendiri, kita harus memahami keterbatasan hosting tempat file web kita ditempatkan. Tidak terkecuali hosting yang digunakan oleh anotherorion.com ini.

Meskipun memiliki fitur jumawa (1 Gb space) dan unlimited bandwith dengan harga murah, ternyata sejak setengah tahun terakhir mulai kewalahan dengan banyaknya request dan process untuk mengakses anotherorion.com.

Mau tidak mau pilihannya ada dua, pindah ke hosting lain atau mengefektifkan penggunaan plugin di wordpress dan melakukan maintenance site sendiri. Tadinya aku berharap dukungan support dari hostingku bisa berjalan lancar, tapi ternyata untuk soal ini agak kurang bisa diharapkan karena komunikasi ku dengan mereka seolah menatap tembok tebal.

Memang aku akui untuk urusan plugin aku termasuk cukup royal, baik dari penggunaan plugin Jetpack, search term tagging, facebook seo, page views count serta popular post. Kesemua plugin di atas adalah plugin boros resource yang menghasilkan terlalu banyak process ketika loading page.

Berita buruk lainnya, beberapa plugin jadul yang sudah kubantai masih saja nongol dalam laporan Plugin Performance Profiler, padahal file dan folder nya sudah aku babat dari cpanel.

BACA JUGA:   Optimalisasi Scheduled Posting

Akhirnya aku melakukan efektifitas plugin2 yang tidak terlalu aku butuhkan, sebenarnya aku masih cukup membutuhkan tetapi ya mau gimana lagi, daripada kena resource limit terus. Bisa dikira gak ramah SEO lagi ini.

Pertama aku lakukan pembantaian plugin yang tidak berguna, atau hanya setengah fitur yang kupake. Aku memilih menggunakan plugin yang tidak terlalu berat. Kedua untuk fitur2 jetpack yang tidak benar2 penting aku hapuskan. Masih aku sisakan yang sekiranya bagus untuk keperluan analisis data dan kemudahan pembaca.

Yang ketiga mengoptimalkan kinerja cron jobs di sisi cpanel. Mengingat dump dari eaccellerator yang terinstal dari hostingan memberikan dampak meningkatnya kebutuhan resource yang terload. Folder2 temp juga aku babat.

Terakhir aku menambahkan plugin cleanfix untuk mengoptimalkan setting yang terabaikan dan tidak terlalu digunakan.

Hasilnya cukup lumayan, penggunaan resource bisa ditahan turun antara 30-45%



DMCA.com Protection Status

cpu usage dan ram usage mengatasinya (1), mengatasi cpanel limit terus (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Limit virtual memory dan CPU usage hosting

  • gambarpacul

    (Februari 15, 2015 - 5:20 pm)

    he..he…nggonku nganggo belogcepot lah men ora mumet

Berikan tanggapan anda