Lintang Ngalih


Orang Indonesia menyebutnya bintang jatuh, orang islam bilang ada malaikat lempar jumrah, orang inggris mbuh nyebutnya apa, fallen star kali. Orang jawa menyebutnya lintang ngalih.

Lintang ngalih adalah fenomena penampakan benda langit bergerak di malam hari, tentu tanpa pake acara kelip2, nek itu mah pesawat lewat. Soal komet atau meteor ya itu wallahuallam soalnya kebanyakan liat pake mata telanjang gak pake mikroskop.

Konon katanya, entah berasal dari kebudayaan mana, ketika terjadi fenomena bintang jatuh dan kita mengajukan permintaan maka permintaan itu akan dikabulkan. Mungkin menarik banget buat yang pengen segera terlaksana permintaannya buat mantengin langit setiap malam cerah, karena sebenernya setiap malampun selalu ada bintang jatuh, entah disadari atau tidak.

fallen star, bintang jatuh

Kemaren malam waktu mati lampu, aku n sodara2 asik liatin bintang dilangit, liat2 rasi bintang n menerka itu rasi bintang apa, haha yang pasti kesebut jelas salib selatan, dan tetangganya scorpion, cuman itu doang sih yang aku apal, sisanya masih tetep harus berpedoman peta buat tahu rasi2 apa aja disekitar kedua rasi bintang itu.

BACA JUGA:   Mitos dalam Idiom Budaya Jawa

Balik ke masalah lintang ngalih, semalem dapet bonus lintang ngalih yang lumayan terang, dari arah salib selatan ke arah utara, melewati scorpion dan kemudian hilang di balik pepohonan. Make a wish enggak???

Kagak!

Menurut aku, fenomena2 semacam itu adalah hal unik umum yang terjadi di kehidupan kita sehari2, ya mungkin banyak orang percaya dengan tuah dari kejadian2 unik semacam itu, sebut saja ada pohon pisang yang berbuah aneh, orang berbondong2 ingin lihat dan tidak sedikit yang ingin memilikinya dengan alasan untuk pesugihan lah, ilmu kanuragan lah, kesejahteraan lah, macem2 deh pokoknya.

Padahal jika ditinjau secara ilmiah semua itu sama sekali kagak ada hubungannya kali, pohon pisang sama kebahagiaan atau kesuksesan seseorang, sama kek lintang ngalih dengan keinginan seseorang, jika ada hubungan itu lebih kepada kondisi psikologis orang tersebut terhadap sebuah keunikan dalam dunia ini.

Manusia cenderung mudah mengingat hal yang unik, dan merasa pede dengan keunikannya, karena itu membuat mereka tampak berbeda dan mudah diingat orang lain. Dari sinilah mereka beranggapan dengan melihat/memiliki sesuatu yang unik maka mereka berharap itu akan menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan cita2nya.

BACA JUGA:   Penyebab kekalahan demokshit

Itu juga yang membuat manusia kemudian memiliki banyak sekali mitos tentang hubungan seks, makan ini lah, itu lah biar tahan lama, tambah perkasa dan bla bla lainnya. Rata2 makanan tersebut adalah makanan yang aneh dan tidak terlalu lazim dikonsumsi manusia di sekitarnya, makan pelor kambing mentah2, sate cobra, otak udang kuda, sirip hiu, daging badak dan lain sebagainya, sebenarnya itu hanyalah suggesti, bahwa dengan memiliki keberanian memakan hal2 yang tidak lumrah itu maka ia merasa menjadi lebih berani dan gagah di atas ranjang.

Soal percaya enggak percaya sih kembali ke pribadi masing2, klo tanya ke saya percaya enggak? ya cetha blabarpisan ora ngandel’e lah, apa maning karo roman picisan make a wish when lintang is ngalih.

gambar dari sini



DMCA.com Protection Status

perguruan lintang ngaleh (7), perguruan lintang ngalih (6), lintang ngaleh (3), lintang ngaleh dalam islam (2), apa arti melihat dgn nyata bintang ngalih (1), maap aku ngaleh (1), makna lintang ngaleh (1), obat ngaleh (1), padepokan lintang ngaleh (1), pantangan perguruan lintang ngaleh (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Lintang Ngalih

  • Blogger Biasa

    (Juli 13, 2012 - 6:46 am)

    Mitos permohonan bisa dikabulkan saat bintang jatuh setahu saya adalah mitosnya orang Eropah, tapi saya juga belum tahu persis mitos itu berasal dari negeri mana.. yang jelas sampai sekarang masih banyak orang bule yang percaya mitos itu.. aneh ya?

    • anotherorion

      (Juli 13, 2012 - 1:38 pm)

      oh jadi selama ini asalnya dari benua eropa ta? malah baru tahu saya nek gitu, kirain dari asia

Berikan tanggapan anda