Lombok Juga Punya Kuta


Lombok ternyata tak hanya indah dengan gunung rinjani dan lezatnya ayam taliwang dan eksotisnya pulau senggigi. Sebuah desa kecil di sebelah selatan bernama desa kuta ternyata menyimpan pesona wisata yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Kuta, bagi sebagian orang yang belum mengetahui mendengar kata kuta maka yang langsung terbayang adalah kuta yang berada di bali dan terkenal dengan pantainya, kuta beach. Did you know? Lombok Nusa Tenggara Barat juga mempunyai pantai kuta yang tidak kalah indah dan eksotis dengan pantai kuta yang berada di Bali.

Pantai kuta Lombok namanya, pantai ini terletak di selatan pulau Lombok, memiliki pasir putih dan ombak yang tenang. Pantai ini terletak di sebuah desa beranama desa kuta. Desa kuta mulai menjadi destinasi wisata yang menarik di Lombok setelah didirikannya hotel-hotel baru di sekitarnya. Seperti hotel novotel yang dapat anda pesan melalui aplikasi Traveloka. Untuk yang ingin menginap dengan budget terbatas penduduk biasanya menyediakan rumahnya untuk dijadikan guest house. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati, kebudayaan upacara sasak juga bisa kita saksikan di desa ini setiap satu tahun sekali. Upacara bau nyale masyarakat menyebutnya.

Upacara Bau nyale menurut  legenda di ceritakan bahwa dahulu ada seorang putri bernama mandalika, nama ini pun sekarang dijadikan salah satu nama resort di kuta Lombok. Putri mandalika dikenal sangat cantik dan banyak pemuda yang ingin menikah dengannya. Namun karena ketidaksanggupan putri


Mandalika mengambil keputusan maka putri mandalika memutuskan untuk terjun ke laut. Ia berjanji akan kembali dalam satu tahun sekali. Rambut panjangnya itulah yang konon menjadi cacing nyale. Dan dalam upacaranya para nelayan terjun ke laut untuk menangkap cacing nyale.

BACA JUGA:   Tantangan Integrasi Layanan Pelanggan Berbasis Social Media

Lalu seperti apa sih keindahan pantai kuta Lombok? Pantai kuta Lombok berbentuk setengah lingkaran dengan pasir putih dan air laut yang biru serta ombaknya yang cukup tenang, sehingga aman untuk berenang. Di pantai kuta lombok kita juga bisa melakukan aktifitas berselancar, snorkeling, berjemur, melihat sunsetdan aktifitas di pantai lainnya.

Pantai kuta Lombok juga menyimpan keunikan lain yaitu butiran-butiran pasirnya yang relative besar  berbentuk seperti merica. Sehingga ada sensasi tersendiri ketika berjalan  menyusuri pinggir pantai kuta Lombok tanpa alas kaki. Pantai kuta Lombok juga masih sepi pengunjung terutama pada hari kerja, namun inilah yang menjadi daya tarik dan nilai lebih dari pantai ini karena kita seperti merasa berada di pantai pribadi yang bisa menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari hari.Hilir mudik pedagang menawarkan songket sasak semakin membuat pengunjung benar benar merasa indahnya nuansa kuta bali Lombok.

paket liburan pantai kuta lombok

Sumber Foto : http://www.paketliburanlombok.com

Desa kuta di Lombok tidak hanya menyimpan keindahan dengan pantainya. Di sepanjang garis pantai yang memiliki panjang 7,2 KM di sebelah barat kita bisa menikmati keindahan bukit mandalika.

Keindahan desa kuta Lombok juga semakin beragam ketika kita berkunjung ke desa sade. Di desa sade yang di huni oleh suku sasak asli Lombok kita bisa melihat proses tenun tradisional masyarakat sasak. Tentun ini bisa dijadikan oleh-oleh khas kuta Lombok ketika pulang ke rumah, harganya pun relative lebih murah dengan tenun yang ada di bali. Di desa sade juga terdapat rumah adat sasak yang masih sangat terawat terbuat dari bambu dan atap dari alang-alang. Desa sade kini ditetapkan menjadi desa wisata provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

BACA JUGA:   Meningkatkan kecerdasan anak dengan Puzzle

kain tradisional desa sade lombok

Sumber Foto : http://www.tourlombok.co.id

Kuta Lombok belum habis menyimpan keindahan-keindahannya. Wisata kuliner kuta Lombok amat sayang untuk dilewatkan. Sate ikan tuna jumbo adalah salah satu makanan khas yang bisa didapati di sini. Ikan tuna jumbo segar, dibakar menggunakan batok kelapa, disantap dengan sambal dan kecap. Rasanya tentu menggoyang lidah bagi siapa saja yang mencicipinya. Ukurannya yang jumbo makan satu tusuk saja cukup membuat perut kenyang.

sate tuna lombok

Sumber foto : http://www.travel.detik.com

Letak desa kuta Lombok yang berada di daerah selatan dan sepi pemukiman, menjadi catatan buat para pengunjung yang hendak berkunjung ke kuta Lombok. Terlebih jika menggunakan mobil sewaan dianjurkan untuk beranjak pulang pukul 6 sore mengingat jalur di kuta Lombok yang sepi.

Bulan juli-agustus adalah bulan yang tepat untuk para peselancar jika ingin berselancar di pantai kuta Lombok.karena pada bulan itu gelombang laut sangat ideal. Untuk menghemat waktu perjalanan  pun sebaiknya kita mengetahui rute cepat menuju pantai kuta Lombok melalui rute pantai selong belanak, pantai mawun dan gua aan.

Pesona wisata di desa kuta Lombok dengan segala yang ada didalamnya seperti pantai kuta, sate ikan tuna jumbo, upacara bau nyale, sampai kain songket sasak, menjadikan liburan di desa kuta terasa lengkap. Desa kuta Lombok  yang selama ini belum banyak ter expose keindahannya ternyata menyimpan keindahan pesona wisata.

Tetap semangat, tetap sehat biar kita bisa menyusuri pesona pesona wisata tersembunyi lainnya. See You there.

 



DMCA.com Protection Status

sate tuna kuta lombok (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda