Mamahke Jogja, Menyambung citarasa Jogja


Mamahke Jogja, waktu pertama dapet invitation untuk hadir di acara Thethek bareng Zaskia Mecca, aku mikir kalimat itu dibacanya Mamah Ke Jogja. Mamahke Jogja ini merupakan salah satu kuliner pendatang baru yang hadir di Kota Jogja. Tapi setelah datang ke bilangan Tamansari, Jogja barulah aku tahu apa sih yang disebut Mamahke Jogja.

Menurut Mas Hanung Bramantyo, Mamahke Jogja berasal dari kata mamahke – memamah, atau dalam bahasa Indonesia artinya mengunyahkan. Wew, makanannya udah dikunyahin mas Hanung gitu? Bukan, jadi mamahke itu artinya mencitarasakan, maksudnya disini mencitarasakan rasa Jogja yang sebenernya.

Mamahke bisa juga berasal dari kata Mamah dan Cake, dibaca mamah keik. Mamah keik Jogja. Kenapa disebut mamah keik karena resep yang digunakan berasal dari mamah nya mas Hanung. Dan kue ini homemade bikinan Mbak Zaskia lho.

Kenapa cake?bukan bakpia, yang jelas kuliner tradisional Jogja?

mamahke jogja, kuliner alternatif jogja

Jogja terkenal dengan tradisinya, dari arsitektur, budaya dan kulinernya juga mencerminkan unsur tradisi. Mbak Zaskia dan Mas Hanung berusaha menghadirkan kenikmatan unsur tradisi ini dalam bentuk yang lebih modern dan disukai bukan hanya anak muda, tapi juga para wisatawan mancanegara. Dengan menghadirkan bentuk cake yang terdengar familiar oleh orang dari berbagai penjuru dunia, Mamahke Jogja ingin menghadirkan rasa cake yang Jogja banget. Misalnya cake Kacang Ijo maupun Banana. Secara tidak langsung ini membantu wisatawan untuk berkenalan dengan citarasa Jogja tuh kek gini lho.

BACA JUGA:   Pilihan Menu Masakan Lebaran Yang Wajib Dicoba

Sementara buat para pelancong domestik, tentu mahfum. Sodaranya pergi ke Jogja, pulangnya pasti bawa bakpia. Nah biar gak bosen dengan oleh-oleh yang itu-itu aja, kenapa gak dibikin oleh-oleh alternatif?

Pemilihan cake ini sendiri, karena di Jogja ini untuk makanan berjenis dessert masih sangat jarang dijumpai. Dan andaipun ada cake, biasanya rasa cake nya terlalu manis. Mamahke Jogja punya resep yang bisa bikin rasa cake ini gak terlalu manis. Oh ya, cake nya juga crunchy lho. Baru denger kan ada cake kok rasanya crunchy? dimana-mana cake mah rasanya juga lembut or melting gitu ketemu lidah.


red velvet cake
red velvet cake

Ada enam varian cake yang ditawarkan disini, tadi siang aku nyobain tiga rasa, Tiramisu, Red Velvet dan Choco. Rasanya, hmmm ya enak, namanya juga makan cake. Oh ya meski kue cake, kue ini gak langsung bikin kenyang waktu makan. Buktinya aku ngabisin tiga biji aja masih mau nambah. Errr tapi kuenya dah abis disosor rekan narablog yang lain. Ya udah deh.

Mbak Zaskia, orangnya humble n cekatan banget, abis bawain tester cake buat undangan langsung ambilin air minum juga lho

Mamahke Jogja ini berlokasi di Jalan Taman, tepatnya di pertigaan sebelah selatan pintu masuk Taman Sari, menghadap ke arah Alun-alun Kidul. Posisinya yang cukup strategis ini membuatnya gampang disambangi wisatawan yang hendak mencari oleh-oleh modern khas Jogja untuk sanak saudara di kampung halaman.

mamahke jogja


harga mamah ke jogja (4), harga mamahke jogja (2), mamah ke jogja alamat di jogja Harga (1), mamahke jogja (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

4 thoughts on “Mamahke Jogja, Menyambung citarasa Jogja

    Nurul Rahmawati

    (Mei 18, 2017 - 8:02 pm)

    Zaskia ini HUEBAAATT banget siik, anak udah banyak, bisnis jalan buanyaak, ya fashion, ya make up, ya cakes kekinian. THUMBS UP!

    Lucky Caesar Direstiyani

    (Mei 8, 2017 - 9:55 pm)

    Penasaraaan belum pernaah cobaaa ini. Enaak kayaanyaaaa. . .noted buaat nanti oleh” dari Jogja. Tfs yaaak. .

Berikan tanggapan anda