Manfaat Adanya Investasi Asing di Indonesia 2016


Perkembangan investasi asing di Indonesia 2016 semakin menunjukkan progress yang positif di berbagai sektor. Terlebih investasi asing yang mana penanaman modalnya memang cenderung dilakukan di hampir seluruh sektor yang ada. Investasi asing tersebut memang sengaja dilakukan dan telah mendapat persetujuan dari Pemerintah dimana penanaman modal dialokasikan pada proses pembangunan serta perencanaan wilayah di masing-masing daerah.

Investasi asing di Indonesia memang memiliki daya pikat yang tinggi, oleh karena itu tidak heran apabila banyak investor asing yang gencar melakukan investasi di Tanah Air. Menurut para investor tersebut, wilayah-wilayah di Indonesia menawarkan keuntungan yang besar, baik dari sektor tambang atau lainnya, sehingga keputusan untuk menanam modal di Indonesia merupakan keputusan yang tepat.

Lalu, manfaat apa saja yang sebenarnya bisa Indonesia peroleh dari investasi asing tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan diulas mengenai manfaat yang bisa kita dapat dari investasi asing.

Memiliki tambahan modal baru     

Karena pada dasarnya investasi adalah sebuah bentuk penanaman modal, maka sudah barang tentu jika dengan adanya investasi asing tersebut akan mampu membantu Indonesia dalam memajukan sektor-sektor yang ada. Terutama sektor ekonomi di Indonesia, yang mana masih cenderung naik turun.

BACA JUGA:   Tips Mengatasi Hutang Menurut Islam

Lahir Perusahaan Baru

Investasi yang ada bisa dimanfaatkan pemerintah untuk membangun perusahaan baru. Dimana perusahaan baru nanti akan dikenakan pajak, sehingga secara tidak langsung Negara memperoleh pemasukan dalam bentuk pajak. Selain itu, dengan adanya perusahaan baru, tentu saja akan mampu melebarkan sayap perekonomian Negara.

Mengurangi Angka Pengangguran

Seperti yang sudah disinggung di atas, modal yang diinvestasikan investor nantinya juga akan digunakan untuk membangun perusahaan baru, dan pastinya perusahaan tersebut membutuhkan banyak karyawan. Jadi adanya investasi asing disini bisa juga mengurangi angka pengangguran yang nyatanya di Indonesia masih sangatlah tinggi.

Dengan demikian pelan tapi pasti SDM di Indonesia bisa kian berkembang dan tentunya akan melahirkan generasi-generasi yang tangguh untuk menghadapi perekonomian Indonesia di masa yang akan datang.

Bertambahnya Wawasan Tentang Teknologi


Sebab ini melibatkan investasi asing, dimana mereka mempercayakan sebagian kekayaannya untuk mendapatkan keuntungan dari sektor-sektor yang ada di Indonesia, bukan tidak mungkin jika mereka juga akan menyediakan berbagai macam fasilitas teknologi pendukung yang sekiranya bisa menambah potensi keberhasilan dari investasi yang sudah dilakukan. Dengan begitu para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut akan bisa berkutat dengan teknologi-teknologi canggih yang belum pernah mereka temukan di Indonesia.

BACA JUGA:   Tips Travelling Yang Aman dan Menyenangkan

Menambah Devisa Negara

Seperti sudah menjadi rumus, tentu saja investasi asing yang diterima oleh Indonesia akan berupa valuta asing atau mata uang asing yang secara otomatis akan menambah devisa Negara Indonesia itu sendiri.

Selain itu,  investasi asing juga memperbesar kemungkinan akan sering berlangsung kegiatan ekspor barang-barang non-migas, dan hal tersebut juga dapat meningkatkan devisa Negara.

Perlindungan Wilayah

Investor berani menginvestasikan dana dengan kisaran yang tinggi karena mereka meyakini bahwa wilayah-wilayah di Indonesia memiliki potensi besar yang akan menguntungkan mereka. Dan hal itulah yang akhirnya membuat pemerintah bekerja sama dengan Negara investor untuk sama-sama menjaga keamanan wilayah Indonesia agar perusahaan-perusahaan asing yang berdiri di Indonesia bisa berkembang pesat tanpa ancaman apapun dari luar.

Hal-hal di atas hanya segelintir manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh Negara ketika pemerintah memberlakukan izin terhadap adanya investasi asing. Bukan tanpa tujuan, bagi Indonesia yang masih berada pada posisi Negara Berkembang, investasi asing ini merupakan salah satu upaya positif dari pemerintah untuk terus memperbaiki perekonomian Negara agar bisa bersaing dengan Negara – Negara maju lainnya. Dengan demikian, kesejahteraan rakyat yang merupakan salah satu cita-cita bangsa pun bisa diciptakan.


DMCA.com Protection Status

manfaat iinvestor asing di Indonesia (1), manfaat investor asing (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda