Manfaat Mendongeng untuk Imajinasi dan Kreativitas Anak


Dewasa ini, banyak orang tua yang sudah tidak mengenalkan budaya mendongeng untuk sang anak. Malahan mereka memilih untuk memanfaatkan teknologi digital untuk menghibur si kecil. Padahal dongeng yang diberikan langsung sebagai cerita dari mulut orang tua merupakan sebuah hiburan yang tepat bagi sang anak. Selain dapat menghibur, cerita dongeng anak juga dapat memberikan banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang si kecil di masa mendatang.

Sebenarnya, mulai dari si kecil berada di kandungan, Anda juga sudah bisa memberikannya dongeng. Dengan mengajak si kecil berkomunikasi dalam kandungan, tentunya bisa membuat Anda lebih dekat dengan si kecil. Walaupun ketika si kecil baru lahir belum dapat memahami apa yang Anda katakan, namun dengan mendengar suara Anda bisa menjadi langkah awal untuk merangsang kemampuan mendengarnya dan juga mengenal suara-suara.

Manfaat Mendongeng Bagi Si Kecil

Berikut adalah manfaat mendongeng bagi sang anak yaitu memperkaya kosakata anak, menstimulasi daya imajinasinya dan juga dapat berpikir serta tumbuh menjadi anak yang kreatif, melatih kemampuan si kecil dalam mendengar.

BACA JUGA:   Cara Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes Melitus

Jika Anda telah selesai membacakan dongeng kepada anak, Anda bisa bertanya tentang cerita yang telah Anda berikan atau biarkan sang anak bercerita kepada Anda. Hal ini bisa bermanfaat untuk melatih daya ingatnya. Selain itu dongeng juga akan memperkenalkan anak kepada hal-hal di sekitarnya, misalnya gambar, bentuk, huruf, angka ataupun hal lainnya.


Semakin banyak anak mendengarkan cerita Anda, maka semakin mudah ia untuk memiliki kemampuan berbicara. Ketika Anda membacakan dongeng, Anda bisa berpelukan dan tertawa bersama dengan si kecil. Hal ini dapat mempererat hubungan antara orang tua dan juga anak.

Hindari Mendongeng Kepada Anak Menggunakan Gadget

Sebagai orang tua, hindari memberikan dongeng kepada anak melalui perantara teknologi. Misalnya dengan membiarkan anak menonton cerita lewat televisi atau malah mengunduh aplikasi dongeng di gadget dan membiarkan sang anak melihat serta mendengar cerita melalui layar gadget.

Jika Anda mengabaikan hal ini, tentu saja akan membuat Anda tidak memiliki hubungan yang dekat dengan si kecil. Perhatian si kecil juga berkurang, karena ia malah lebih asyik dengan gadget yang Anda berikan. Membacakan dongeng adalah sebuah aktivitas dimana Anda dan si kecil dapat bertukar pikiran tentang dongeng tersebut. Tetapi jika didapatkan dari media digital, sebaiknya lakukan komunikasi satu arah saja dengan artian cukup Anda sendiri yang menghadap gadget.

BACA JUGA:   Ajaklah Pasangan Anda Untuk Melihat lihat Rumah Baru Yang Akan Dibeli

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda