Mau Investasi Emas? Perhatikan Hal Berikut Ini


Emas, merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan sebagai media investasi, bukan hanya karena sifatnya yang tahan terhadap inflasi tetapi juga liquid. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini.


Emas Batangan bukan Perhiasan

Emas yang akan kita gunakan untuk investasi sebaiknya berupa emas batangan, bukan berupa perhiasan dari emas. Memang kekurangan emas batangan adalah tidak bisa dipakai untuk berhias, akan tetapi kembali ke tujuan kita membeli emas, adalah untuk investasi, maka belilah emas batangan.

tips investasi emas batangan

Mengapa lebih baik membeli emas batangan?

Emas batangan memiliki kadar kemurnian 24 karat, 99.999 persen atau lebih dikenal dengan fine gold, sementara emas perhiasan biasanya kita kenal dengan sebutan emas muda dan emas tua. Emas muda umumnya  adalah emas yang memiliki kandungan kurang dari 17 karat, harganya paling murah karena menggunakan campuran logam lain lebih banyak. Sedangkan emas tua menggunakan campuran emas yang lebih banyak di atas 17 karat.

Selain faktor campuran dalam emas perhiasan, seringkali berat perhiasan emas dihitung dengan menghitung tambahan berat aksesoris / mata dalam perhiasan tersebut. Sedangkan aksesoris tersebut sendiri bukan berasal dari emas, bisa permata, atau bahkan benda yang berharga lebih murah.

Membeli Emas Secara Non-Fisik

Saat ini di dunia online tersedia metode pembelian emas dalam bentuk online, umumnya menggunakan metode cicilan, dimana emas baru akan dicetak jika saldo di akun kita sudah mencapai harga pembelian emas dengan berat tertentu. Membeli emas semacam ini memiliki resiko yang cukup besar, karena kita mempercayakan uang kita pada situs yang hanya menampilkan perkiraan besaran harga emas sesuai saldo kita.

Jika memang terpaksa membeli emas non-fisik, ikutilah program cicilan emas di pegadaian maupun bank terpercaya yang memiliki program cicilan emas. Hindari membeli emas non-fisik lewat website online.


Membeli Emas dalam Ukuran Besar

Jika kita memiliki dana berlebih dan ingin menginvestasikannya dalam bentuk emas, usahakan tidak membeli emas dalam ukuran paling besar yang bisa kita dapatkan. Berat terbaik untuk investasi emas dimulai berat per keping 5 gr Р25 gr. Berat 5 gram dipilih jika anda ingin cepat-cepat mengkonversi uang anda dalam bentuk emas, tetapi dengan harga yang lebih murah, dibandingkan harus membeli 5 keping emas batangan 1 gram karena semakin berat emas batangan, harga per gram nya memang lebih murah.

Akan tetapi tidak disarankan juga membeli emas batangan dengan berat lebih dari 25 gram, karena emas dengan berat maksimal 25 gram merupakan instrumen investasi emas yang paling liquid, saat anda membutuhkan dana chas, anda bisa segera melepasnya di toko emas terdekat. Tapi bayangkan anda sedang membutuhkan dana 25 juta sementara anda memiliki simpanan satu batang emas seberat 500 gram?

Yang pertama anda akan sulit menjual emas seberat itu, karena paling tidak calon pembeli anda harus memiliki uang sebesar 250 juta untuk membelinya. Anda juga tidak bisa mencongkel sedikit emas tersebut sesuai kebutuhan dana anda. Mau tidak mau, emas seberat itu harus anda tukarkan terlebih dahulu, entah dalam bentuk emas yang lebih kecil beratnya, atau dijual secara tunai.


DMCA.com Protection Status

kerugian membeli emas muda (1), ubs gold katalog (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda