Mau Punya Usaha Peternakan Sapi Tapi Bingung Mulai Darimana? Lakukan Hal di Bawah Ini


Pada dasarnya peluang usaha di Negara Indonesia ini masih sangat luas. Jika SDM yang ada cerdas dalam memanfaatkan peluang usaha tersebut, bukan tidak mungkin jika hal ini bisa menjadi salah satu usaha untuk mengurangi angka pengangguran. Peluang usaha yang cukup menjanjikan yang bahkan kini dilirik investor luar negeri adalah usaha peternakan sapi perah. Bahasanya saja dilirik, berarti ada potensi keuntungan besar yang bisa diperoleh jika kini Anda menyiapkan diri Anda untuk mulai berkecimpung dalam usaha ini. Sebagai pemula, mungkin Anda merasa minder, namun tenang saja, jika Anda mau, maka itu sudah membuka sedikit jalan kesuksesan bagi Anda.

Agar kepercayaan diri Anda terbentuk, yuk simak ulasan berikut mengenai langkah awal yang harus dilakukan agar nantinya usaha peternakan sapi perah Anda bisa berjalan lancar dan terus berkembang.


Pilih Bibit Yang Bagus

Sapi perah yang notabene sebagai sapi penghasil susu memang sangat digemari khalayak. Susu yang menjadi penyempurna pola makanan sehat menjadi salah satu menu wajib yang harus dikonsumsi secara rutin oleh masyarakat. Terutama anak – anak yang mana sangat menyukai minuman yang warna originalnya putih ini.

BACA JUGA:   Dolan Blogger Jogja di Vantaggio Cafe

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih sapi perah yang produksi susunya tinggi. Supaya dengan produksi susu yang banyak tersebut perlahan membuat pundi – pundi uang datang menghampiri Anda.

Pelajari jenis sapi perah yang seperti apakah yang disebut memiliki bibit bagus. Anda bisa mencari referensi di internet mengenai hal ini.usaha peternakan sapi

Beri Pakan Yang Tepat

Untuk poin ini, bisa disebutkan jika pemberian pakan pada sapi perah ini ada beberapa macam jenis. Bisa dengan cara digembala, keraman atau dengan mengkombinasikan keduanya. Rumput hijau dengan tambahan konsentrat bisa membuat sapi perah tumbuh dengan baik. Sehingga berpotensi memproduksi susu dalam volume yang banyak.


Berikan rumput hijau sebanyak 10% dari berat badan sapi. Lalu untuk konsentratnya, berikan setiap pagi dan sore sebanyak 1 kg untuk tiap ekornya. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggembalakan sapi supaya bisa mencari makanan sendiri serta melatih kaki agar semakin kuat.

Jaga Kebersihan Kandang

Karena yang diambil dari sapi perah adalah susunya. Lalu susu itu sendiri adalah penunjang hidup sehat. Maka sudah seyogyanya Anda menjaga kebersihan kandang agar kandang senantiasa bersih. Jika kandang dibiarkan kotor, hal tersebut bisa memicu timbulnya penyakit pada sapi, dan pastinya akan berpengaruh pada susu yang dihasilkan. Untuk membersihkannya, Anda bisa menyemprotkan air dengan tekanan yang besar kemudian sapulah menggunakan sapu lidi agar kotoran bisa benar – benar hilang.

BACA JUGA:   Fitur menarik Oppo F1s

Demikian tadi beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan bagi Anda yang ingin memulai usaha peternakan sapi perah. Nikmati setiap prosesnya, agar nantinya Anda terbiasa dengan seluk beluk peternakan, terutama peternakan sapi perah itu sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat ya, dan selamat mencoba!


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda