Melihat Heat Maps di Blog kita


Heat Maps, adalah sebuah aplikasi bawaan dari sebuah plugin spesial yang saya instalkan di anotherorion.com, fungsi heat maps adalah sebagai fungsi statistik anchor mana saja yang mendapat klik dari user, berikut intensitas klik nya.

Apa bedanya dengan analytics? 

Oke kita memang bisa menggunakan Google Analytics maupun WordPress my stats jika kita menggunakan blog berbasis wordpress, akan tetapi jika menggunakan heat maps maka akan terlihat secara jelas dalam bentuk visual, sebenarnya dari tombol mana saja yang paling mengundang user untuk melakukan klik lebih lanjut pada mouse kesayangan mereka.

Beda dengan analytics maupun my-stats yang hanya bisa memberikan halaman perujuk saja, tanpa mempertimbangkan dalam halaman perujuk tersebut mungkin ada dua link yang menuju ke artikel kita.


aplikasi SEO heatmaps sumoMe

Dengan demikian semakin mempermudah kita sebagai pemilik blog untuk mengetahui link mana yang paling sering di klik, penempatan tombol disebelah mana yang bisa memicu interaksi user lebih lanjut lagi.

Selain aplikasi heat maps, plugin keren bernama SumoMe ini punya beberapa aplikasi lain yang menarik dan tentu saja free, seperti fitur integrasi dengan Google Analytics, SmartBar, Welcome Mats, List Builder dan lain sebagainya. Selain dapat diinstal dalam bentuk plugin di WordPress, sumoMe, juga bisa diimplementasikan di blog berbasis blogspot.

BACA JUGA:   Mengapa Statistik dikuasai Search Terms Not Provided

Beberapa aplikasi tersebut dapat kita koneksikan dengan MailChimp? eh apa pula itu MailChimps? Oke silahkan membuat komentar native di postingan anotherorion.com, maka anda akan segera dikirimi pesan email untuk berlangganan subscribe di anotherorion.com


MailChimps merupakan aplikasi autoresponder untuk memberikan balasan pada email user yang berinteraksi dengan kita, autoresponder kemudian mengirimkan email  ucapan terimakasih dan penawaran pada user untuk berlangganan pada layanan website kita.

Penting?

Menurutku penting, karena dengan demikian bisa kita gunakan untuk dua hal, pertama berterimakasih atas komentar user, sebagai bentuk penghargaan kita atas kesediaan mereka meninggalkan komentar, yang kedua adalah untuk meningkatkan engagement antara kita dengan user, sehingga diharapkan mampu mendatangkan returning visitor pada saat kita mempublikasi artikel berikutnya.

Dengan respon cepat ke user dan menawarkan berlangganan, setidaknya user yang telah berkomentar akan mengingat keberadaan website kita dan komentar mereka di artikel kita. Jadi meskipun mereka tidak tertarik untuk melakukan subscribing di blog kita, toh mereka akan lebih mengingat brand kita dibanding jika kita tidak memberikan feedback secara langsung di email mereka.

BACA JUGA:   Medio 2016, Toko Online Semakin Naik Daun

Karena di sistem blog WordPress maupun Blogspot sendiri, jika kita tidak berlangganan pada blog tersebut, tentunya kita tidak mendapatkan notifikasi atas tanggapan dari komentar kita. Jadi, jika kalian ingin meningkatkan user engagement di blog kalian dan ingin lebih memahami karater user yang berkunjung ke blog kalian, gak ada salahnya mencoba menggunakan sumoMe.


DMCA.com Protection Status

fungsi heat map (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

6 tanggapan pada “Melihat Heat Maps di Blog kita

Berikan tanggapan anda