Melihat peringkat PA dan DA dengan MozBar


Google Pagerank saat ini tidak lagi menjadi tolak ukur utama tingkat kepercayaan sebuah website, entah mengapa Google sendiri seolah enggan memperbaiki citra tools nya yang satu ini, mungkinkah Google merasa bahwa pagerank layak dikubur seperti halnya Google Reader yang tidak banyak digunakan oleh para blogger.

Adalah Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) yang saat ini mulai direferensikan sebagai tingkat prestise sebuah halaman dan domain website. Kedua definisi tersebut diciptakan oleh Moz sebagai data pembanding tingkat kekuatan website terhadap hasil pencarian search engine.

Yuk Kenalan dengan PA dan DA

Moz mendefinisikan Page Authority sebagai berikut:

Page Authority is Moz’s calculated metric for how well a given webpage  is likely to rank in Google.com’s search results. It is based off of the Mozscape web index and includes link counts, mozRank, mozTrust, and dozens more. It uses a machine learning model to predicatively find an algorithm that best correlates with rankings across thousands of search results that we predict against.

Atau dalam bahasa yang lebih manusiawi kurang lebih artinya, Page Authority menghitung kekuatan sebuah halaman web tertentu (halaman homepage, artikel, dst) berdasarkan tingkat kepercayaan, peringkat, kebermanfaatan halaman tersebut, yang akan menandakan kekuatan kemunculan halaman tersebut untuk tampil di puncak tertinggi hasil pencarian search engine.

Sedangkan Domain Authority, menurut Moz adalah:

Domain Authority is a score (on a 100-point scale) developed by Moz that predicts how well a website will rank on search engines. Use Domain Authority when comparing one site to another or tracking the “strength” of your website over time. We calculate this metric by combining all of our other link metrics—linking root domains, number of total links, MozRank,MozTrust, etc.—into a single score

Jika PA merujuk pada sebuah halaman single web, maka DA merujuk pada kekuatan sebuah domain secara keseluruhan terhadap hasil pencarian di search engine. Disini semakin banyak backlink, semakin banyak tulisan bermanfaat dan berkualitas, penerapan SEO onpage maupun offpage yang bagus, tingkat social media influence, maka semakin bagus. Berikut adalah hal-hal apa saja yang mempengaruhi kinerja sebuah website menurut Moz

BACA JUGA:   Tips Meningkatkan Order Bagi Seorang Freelancer

Pada tahun 2014 Moz kembali merilis diagram metrik yang mempengaruhi hasil pencarian search engine khusus untuk skala lokal (nasional) bukan skala internasional atau worlwide.

PA dan DA keduanya merupakan alternatif untuk menggantikan algoritma Google Pagerank yang dianggap tidak transparan, dan terbukti sekarang semakin banyak orang yang menggunakan tolak ukur PA dan DA ketimbang PR untuk mengambil keputusan atau menilai tingkat kelayakan sebuah website.

Yang perlu dicatat Domain Authority hanya akan melihat kekuatan TLD / dotcom-nya saja, jadi peringkat ini useless untuk melihat DA sebuah blog di blogspot.com / wordpress.com, karena yang dilihat adalah peringkat blogspot dan wordpressnya. Berbeda jika blogger menggunakan domain sendiri, barulah bisa mengetahui berapa nilai DA miliknya.

Kapan nilai PA dan DA blog saya naik?

Baik PA dan DA, dibuat berdasar skala 0-100, website-website baru mungkin akan memiliki PA dan DA sebesar 1, dan kemudian secara bertahap, menurut pengalamanku, peringkat PA baru diupdate setelah usia artikel kurang lebih tiga bulan. Dan sepertinya peringkat DA pun mengikuti aturan tersebut, setiap tiga bulan sekali baru mengupdate nilai DA sebuah website, naik atau turun nilainya tergantung dengan konsistensi pemilik website itu untuk terus berusaha mengoptimalkan konten2 berkualitas di websitenya.

BACA JUGA:   3 Tips dahsyat menarik pengunjung dari judul postingan

Bagaimana cara melihat nilai PA dan DA saya?

Jika anda pengguna browser Mozilla Firefox atau Google Chrome, silahkan pasang add ons bernama MozBar, tools ini akan membantu anda untuk menganalisis setiap halaman website yang anda buka.

cara melihat mengetahui PA dan DA anotherorion di hasil pencarian google

Lebih baik dari itu, MozBar juga akan menampilkan nilai PA dan DA setiap artikel yang muncul di halaman pencarian search engine, dengan demikian, jika anda seorang yang hobi berburu backlink berkualitas, tools ini akan membantu anda mencari blog / website yang memiliki PA / DA tinggi dan cocok untuk dititipi komentar backlink. Untuk anda yang serius dengan persaingan SEO, tools ini juga akan membantu anda melihat seberapa kuat pesaing anda di halaman hasil pencarian dan seberapa sengit persaingan sebuah keyword di Google SERP.




DMCA.com Protection Status

cara menggunakan mozbar (1), cara mozbar (1), cara tampilin metrik Search Lost IS Rank (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek dan tag . Tandai permalink.

5 Respon untuk Melihat peringkat PA dan DA dengan MozBar

  1. yani berkata:

    sejaka mozbar menjadi pro , jujur ,ane skrng kesulitan ,, hahaha

  2. innes berkata:

    nice info kak

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *