melihat proses yang dijalankan SVCHOST


Jika kita buka Task Manager (Ctrl+Alt+Del) di sistem windows XP atau Vista, maka akan banyak terlihat yang namanya svchost.exe. Tidak hanya satu dua tetapi sering terlihat cukup banyak. Tetapi kadang kita tidak tahu sebenarnya proses apa yang dijalankan oleh svchost.exe ini, dan berapa banyak memakan Memory kita.

Di CodePlex, komunitas proyek open source Microsoft, ada salah satu program kecil yang bisa mempermudah kita mengetahui lebih detail tentang svchost.exe.

Namanya svchostViewer, aplikasi kecil ini, seperti namanya memang di design khusus untuk melihat lebih detail tentang apa saja yang dijalankan oleh svchost.exe. Meskipun kita bisa mengetahui lebih detail dengan Process Explorer. tetapi dengan aplikasi ini lebih mudah pengunaannya.

Software ini akan melakukan scan (pencarian) tentang svchost.exe yang berjalan di sistem dan akan ditampilkan dalam Treeview, termasuk detail aplikasi yang dijalankannya, berikut beberapa fitur svchostViewer :

  • Melihat semua svchost.exe yang berjalan di komputer
  • Memberikan sub detail tiap-tiap proses dan proses/aplikasi apa saja yang dijalankan.
  • Menampilkan besar penggunaan Memory (RAM), besar data yang di proses dan 1cthread 1d yang aktif untuk tiap-tiap svchost.exe
  • Deskripsi tiap-tiap process yang dijalankan serta Program Path ( lokasi file dan parameter dalam menjalankannya).
BACA JUGA:   Kode beep komputer

Karena aplikasi ini hanya viewer, maka kita tidak bisa mengubah-ubah setting dari aplikasi yang tampil. Aplikasi ini tidak perlu di install, dan hanya berukuran sekitar 49 KB. Untuk bisa menjalankannya diperlukan spesifikasi :

  • Windows XP SP2 dan Vista
  • MIcrosoft .NET Framework versi 2.0 atau diatasnya

diambil dari ebsoft.web.id



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda