Memanfaatkan Lahan Sempit Pada Rumah Minimalis


Rumah minimalis identik dengan lahan yang sempit dan tidak memiliki taman. Hal ini tentunya menjadi kendala bagi sebagian orang untuk membuat ruang tambahan di rumah. Apakah Anda mengalami hal serupa? Tenang saja! Baca artikel ini sampai selesai dan Anda akan menemukan jawabannya.

Buat Taman Berukuran Mini

Setiap orang tentu ingin rumahnya terasa sejuk. Nah, salah satu cara yang dapat diaplikasikan pada rumah minimalis yaitu dengan membuat sebuah taman berukuran kecil. Ya, tidak usah berukuran terlalu besar tapi cukup dengan ukuran kecil dan menyesuaikan dengan ukuran rumah.


Jika sudah tidak ada lahan di bagian depan atau belakang rumah, taman berukuran mini pun dapat dibuat pada bagian atas rumah. Cara yang satu ini dapat diaplikasikan apabila Anda tidak menggunakan genteng pada atap, melainkan didak. Tanamlah tanaman yang disukai agar Anda tidak malas untuk merawatnya setiap hari.membuat tanaman hias portable

Apabila tak memiliki lahan yang cukup atau atapnya tidak didak, Anda bisa menerapkan taman vertikal. Dengan menerapkan langkah ini, Anda tak perlu menyediakan lahan khusus. Cukup sediakan media vertikal, lalu gantung atau tanamlah tanaman kecil pada media tersebut. Jangan lupa untuk merawat tanaman yang ada agar taman terlihat lebih indah.

BACA JUGA:   Fungsi Keluarga Dalam Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak

Buat Kolam Ikan Berukuran Mini

Lalu apakah mungkin membuat kolam ikan mini? Jawabannya sangatlah mungkin! Buatlah kolam ikan yang ukurannya pun menyesuaikan dengan taman yang ada. Sebenarnya kolam ikan ini sangat bersinggungan dengan taman yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Anda dapat menyimpan kolam ikan ini pada taman depan, taman belakang, atau taman di atas rumah. Tentunya ikan-ikan yang dipilih pun haruslah berukuran kecil. Tak hanya kecil, pilihlah ikan hias yang memiliki warna-warna cerah.

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu membuat sebuah kolam ikan kecil pada bagian dalam rumah. Coba bandingkan, daripada Anda meletakan akuarium berukuran cukup besar, lebih baik membuat kolam ikan bukan? Jika Anda memiliki tangga, kolam ikan ini akan sangat indah jika diletakkan pada bagian bawah tangga. Selain unik, Anda juga dapat memaksimalkan penggunaan ruang kosong di bawah tangga.

Mudah bukan memanfaatkan lahan sempit pada rumah minimalis? Anda akan memilih cara apa untuk memanfaatkan lahan di rumah? Tunggu apa lagi? Jangan sia-siakan lahan yang tersisa. Ayo coba sekarang juga! Untuk mencari contoh lainnya kunjungi www.urbanindo.com




DMCA.com Protection Status
BACA JUGA:   Mempersiapkan masa depan sedini mungkin

kolam ikan minimalis di lahan sempit (2), kolam ikan dengan lahan minim (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di info dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *