Membangun mimpi video creator dengan Asus Vivo M32CD


Dewasa ini pertumbuhan konten internet tidak lagi dikuasai sepenuhnya oleh konten berbasis teks, pertumbuhan vlogging dan video content dua tahun belakangan ini menjadi salah satu yang opsi yang sudah sepatutnya dilirik oleh para penggiat internet.

Saat ini Youtube bahkan disebut sebagai search engine nomer 2 setelah Google, dengan 1 miliar pengunjung setiap bulannya. Tentunya, dalam tanda kutip bahwa youtube merupakan search engine khusus untuk konten berbasis video. Kesuksesan Youtube ini dikarenakan semakin banyaknya minat masyarakat terhadap konten video, tersedianya jaringan infrastruktur telekomunikasi yang memungkinkan content delivery yang cepat dan reliable.

Selain itu, faktor kemudahan Youtube yang dapat dimonetisasi lewat akun adsense membuat banyak internet marketer yang mulai menjadikan video sebagai basis monetisasi mereka. Tidak jarang, mereka mampu meraup jutaan rupiah perbulan dari konten-konten video yang mereka hasilkan di Youtube.

Untuk saat ini, meski konten berbasis teks masih bisa bertahan di tengah serbuan konten multimedia seperti video, live streaming dan juga infografis, akan tetapi di masa yang akan datang, kebutuhan akan rich konten yang mengkolaborasikan antara text dan multimedia menjadi sesuatu yang urgent.

Sebagai contoh, jika saat ini banyak konten internet seputar resep masakan, pada umumnya masih terbatas pada teks alat dan bahan, resep, selanjutnya ditambahkan gambar hasil akhir makanan, kedepannya, orang akan membutuhkan tutorial memasak secara real dalam bentuk video.

Mimpi membangun start up video content producer

Melihat fenomena semacam ini, adalah peluang bisnis yang sangat bagus untuk dilirik. Aku sendiri sebagai blogger sebenarnya sudah lama berpikir untuk mulai membangun start up guna memproduksi konten video yang dapat kupublish baik di blog pribadiku maupun lewat channel youtube milikku. Mengingat backgroundku adalah sarjana pendidikan di bidang teknologi dan IT, konten yang ingin kuproduksi adalah konten-konten yang berhubungan dengan teknologi komputer, baik itu cara instalasi komputer, instalasi hardware, maintenance komputer, penanganan virus, tutorial pembelajaran jaringan komputer, animasi berbasis flash dan lain sebagainya.

Betul bahwa untuk memproduksi konten-konten tersebut aku tidak akan terlalu kesulitan, karena dari background pendidikan maupun pengalamanku mengajar di SMK dan Universitas, banyak materi yang bisa aku angkat dalam konten-konten multimedia yang ingin aku buat dan publikasi secara luas di dunia maya.

Apa yang bisa dihasilkan dari konten video? Pertama adalah branding, sebagai seorang blogger yang bekerja di bidang pendidikan dan IT, tentunya aku membutuhkan branding untuk kemampuanku di bidang pendidikan, IT dan blogging, dengan adanya video content, orang dapat mengetahui kemampuanku, dan bisa membuka peluang untuk mendapatkan tawaran berkaitan dengan keahlianku.

Kedua adalah monetisasi, konten yang unik dan berkualitas, bersifat informatif selain dapat memberikan manfaat untuk pengunjung internet juga dapat meningkatkan penghasilanku lewat dunia maya. Setiap orang melakukan sesuatu tentu ada tujuannya, tahu apa manfaat yang ingin dicapai dan perjuangan yang harus dilakukan, dan menurutku adalah fair jika seseorang yang memproduksi konten di internet juga ingin mendapatkan manfaat dari konten yang telah mereka hasilkan dan dinikmati oleh khalayak banyak.

BACA JUGA:   Game Tebak Provinsi Indonesia

ASUS M32CD

Akan tetapi untuk membuat konten video yang bagus, selain harus memiliki kemampuan dalam pembuatan dan editing video, konten yang dihasilkan juga harus berkualitas, hal ini bisa dicapai dengan dukungan hardware yang mumpuni. Belajar dari pengalamanku selama melaksanakan praktek industri di salah satu stasiun televisi di Kota Jogja, kebutuhan hardware yang tinggi merupakan salah satu penopang utama untuk menghasilkan konten yang berkualitas, memenuhi unsur jurnalistik dan dapat memberikan informasi kepada para penonton.

Saat ini ASUS menghadirkan serangkaian produk yang dapat mendukung mimpiku untuk menjadi video content producer. Salah satunya dari lini Desktop PC, Asus menghadirkan VivoPC M32CD untuk para pengguna desktop yang memerlukan hardware berkualitas tinggi.

VivoPC M32CD hadir dalam dua varian, menggunakan processor intel i-7 6700 atau menggunakan intel i-5 6400.

Apa yang membuat ASUS VivoPC M32CD layak dipilih untuk membangun start up multimedia?


Ada beberapa alasan mengapa ASUS VivoPC M32CD ini layak dipilih sebagai hardware pendukung untuk mereka yang bergerak dalam bisnis multimeda.

Pertama, dari segi processor, kebutuhan akan video editing dan rendering jelas akan membutuhkan ketangguhan dari processor, intel i5 6400 yang berjalan di clock 2,7GHz (up to 3,3GHz) memiliki cache sebesar 6Mb, mendukung komputasi 64 bit dan kemampuan V-hyper threading serta mensupport DDR4 hingga 64GB, sementara i7 6700 dengan kemampuan yang sama memiliki cache sebesar 8Mb dengan kecepatan processor up to 3,4 GHz.

Kedua, aktifitas produksi video membutuhkan space memory yang cukup lega, ASUS M32CD dilengkapi dengan 4GB memory internal DDR4 yang dapat diupgrade up to 64GHz. Sangat nyaman untuk melakukan aktifitas editing software multimedia semacam Photoshop, corel draw, Adobe Premiere, After Effects, Pinnacle Studio maupun software 3D seperti Maya, Blender dan Autocad.

Ketiga, Asus mempersenjatai tampilan grafis yang mumpuni di perangkatnya, dengan video card besutan nVidia GForce GTX 950 2GB dan monitor Asus Wide Led 18.5″ yang mampu menampilkan tampilan layar 4K /UHD, 3840×2160 pixel. Tampilan ini setara dengan 4 x lipat kemampuan resolusi HD.

Keempat, hardware multimedia tidak akan lengkap tanpa kemampuan menangani audio yang baik. Asus memahami hal ini dengan menambahkan Asus Sonic Master yang menggabungkan elemen hardware, software dan tunning untuk menghasilkan kualitas audio terbaik untuk para profesional, tidak ada suara bass yang membuat jantung berdegup kencang atau middle yang hilang dengan dukungan noise filter Sonic Master.

BACA JUGA:   Wireless Router Tenda Gratisan

Kelima, PC Desktop ASUS juga memiliki fitur ASUS Business Manager untuk manajemen dan keamanan sistem yang lebih baik dan beberapa tipe memiliki desain tool-less untuk perawatan dan upgrade lebih mudah untuk mendukung bisnis. Ini menyenangkan, meskipun aku sering melakukan maintenance sendiri, akan tetapi pada saat menjalankan startup terutama dengan memproduksi konten video, maka ASUS Business Manager ini bisa menjadi asisten yang dapat memberikan dukungan agar aku bisa tetap fokus dalam pekerjaanku nantinya.

Selain kelima dukungan di atas, beberapa dukungan lain yang bisa didapatkan para multimedia producer adalah kapasitas hardisk super lega sebesar 1TB yang dapat digunakan untuk menyimpan file raw, cache maupun hasil editing video, dukungan USB 3.1 yang mendukung transfer data hingga 10Gbps, dukungan koneksi wireless menggunakan standar baru 802.11.ac yang berjalan 3 kali lipat kecepatan 802.11.n wimax dan HDMI slot untuk koneksi multimedia dengan kualitas HD. Ukuran PC yang ringkas dan hemat energi sehingga mudah ditempatkan di lingkungan kantor manapun, sehingga menjadi solusi yang ideal untuk bisnis.

Kenapa harus ASUS?

Di dunia komputasi memang banyak sekali vendor hardware yang menyediakan komputer dengan kualitas dan harga setara. Akan tetapi PC besutan ASUS memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh vendor lain, antara lain

  • Produk ASUS melewati serangkaian uji ketahanan ekstrem sebelum dirilis dan dilepas ke konsumen. Setiap produk ASUS akan melewati vibration test dengan menguji kestabilan produk dalam goncangan nonstop, shock test dengan menimpakan benda-benda berat ke produk ASUS, port test dengan melakukan mencolok-copot perangkat sebanyak 2000-20000 kali, humidity test pengujian di suhu ekstrim, noise, line and frequency test, untuk mengukur kestabilan produk terhadap gangguan elektromagnet maupun gangguan lain yang bisa mengganggu kinerja PC.
  • ASUS memenangkan 3486 Award lintas negara, hanya dalam kurun waktu 2015 saja, itu belum menghitung award yang diterima ASUS dalam tahun-tahun sebelumnya.
  • 2 Tahun garansi global (100% gratis biaya jasa dan sparepart) tidak seperti vendor lain yang mengklaim garansi 3 tahun (1 tahun garansi sparepart + 2 tahun garansi jasa), kemudahan layanan purna jual ini didukung service center ASUS yang terdiri dari 28 ASUS Repair Center, 91 ASUS Authorized Service Center serta collecting points yang terdapat di seluruh Indonesia (info service center ASUS)

Dengan keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan, bukankah ASUS VivoPC M32CD sangat layak dipilih untuk mendukung mimpiku?

ASUS StartUp Now Writing Competition - Banner


DMCA.com Protection Status

membuat sonic master sendiri (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda