Membiasakan Berdongeng untuk Anak


Setiap anak tentunya suka mendengarkan dongeng. Anak – anak akan sangat antusias ketika dibacakan cerita dongeng anak oleh orang tuanya. Namun terkadang karena alasan kesibukan, banyak orang tua yang tidak bisa membacakan dongeng kepada anak – anaknya. Bahkan merasa kalau kegiatan ini bukanlah hal yang penting. Banyak orang tua yang lebih memilih memberikan berbagai mainan untuk anaknya daripada membeli buku – buku cerita. Akibatnya anak lebih tertarik untuk bermain game atau menonton televisi daripada mendengarkan dongeng.

Padahal membacakan dongeng sangat penting bagi perkembangan anak. Anak akan lebih dapat berfikir kritis dan memiliki kemampuan berbahasa yang sangat baik. Selain itu, dengan membacakan dongeng, maka orang tua akan lebih dekat dengan anaknya.

membacakan dongeng kepada anak

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika membacakan cerita dongeng anak. Pertama pilihlah cerita dongeng yang sesuai dengan usia anak. Perkembangan anak pada setiap tahap usia tentunya tidak sama. Agar perkembangannya sesuai dengan yang diharapkan, maka perlu stimulus yang sesuai. Libatkan anak dalam cerita. Anak dapat dilibatkan seolah – olah berperan sebagai salah satu karakter dalam cerita. Dengan begitu, maka anak akan lebih antusias dibandingkan dengan jika dia hanya melihat sebagai pengamat cerita. Jangan bercerita ketika anak sedang bermain atau sedang makan. Jika hal tersebut dilakukan, maka akan mengganggu konsentrasi anak dan cerita yang dibacakan tidak akan terserap dengan maksimal.

BACA JUGA:   Rencanakan masa depanmu bersama Astralife

Ada berbagai jenis cerita dongeng yang dapat dibacakan oleh orang tua kepada anak – anaknya. Cerita fabel sangat disukai oleh anak – anak karena menarik mina anak untuk mengetahui tokoh hewan yang dapat berperilaku seperti manusia. Salah satu cerita fabel yang sangat terkenal adalah dongeng Kancil dan Buaya, Monyet dan Kura – Kura, dan lain sebagainya. Selain itu, kini banyak cerita dongeng anak yang dibukukan.

Buku kumpulan cerita dongeng anak sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan membiasakan kembali menceritakan dongeng kepada anak sejak dini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca pada masyarakat. Dengan demikian, selain dapat menjalin kedekatan antar anggota keluarga juga dapat membantu keluarga untuk menciptakan generasi penerus yang cerdas baik cerdas intelektual maupun emosional.



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda