Membuat scheduled post di blog, pentingkah?


Scheduled post atau postingan terjadwal adalah salah satu fitur dalam dunia blogging untuk memerintahkan blog platform melakukan update postingan secara terjadwal. Pada umumnya scheduled post dilakukan agar postingan artikel bisa tetap terjaga konsistensinya, tidak menumpuk dalam satu hari.

Kebanyakan blogger adalah orang yang cukup sibuk dengan rutinitas keseharian mereka di dunia nyata, entah sebagai seorang mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga maupun para profesional di berbagai bidang. Sedangkan menulis blog adalah sebuah hobi yang dilakukan pada saat waktu luang.

Aktifitas tersebut membatasi waktu online para blogger untuk melakukan update artikel blognya, sehingga tidak jarang banyak blogger yang vakum berminggu2 karena tidak lagi memiliki waktu untuk mengurus blog. Bisa saja dalam seminggu mereka hanya bisa duduk manis didepan laptop pada saat weekend, hari kerja mereka disibukkan dengan tuntutan pekerjaan yang tidak bisa diganggu gugat, oleh karena itu biasanya dalam sehari bisa 5 artikel dipostingkan dalam blognya, sedangkan lima hari berikutnya tidak ada update sama sekali.

BACA JUGA:   Hujan oh hujan

jam dinding lucu

Menurut analisaku, hal ini cukup riskan karena Google akan melihat blog mereka angin2an, lebih parah lagi jika Google menilai tulisan super banyak yang dihasilkan dalam waktu sekejap itu hanyalah tulisan copas dari berbagai sumber. Tante alexa kemungkinan juga akan menurunkan rating blog semacam ini karena menganggap blognya tidak konsisten (baca artikel yang akan datang: tips menjaga konsistensi pengunjung dengan scheduled posting). Iyalah, kunjungan akan ramai di tiap weekend dan weekday nya justru sepi pengunjung.

Mari kita bandingkan, jika ada 2 orang pekerja, dimana yang satu selalu tampil agresif dan bersemangat menyelesaikan tugasnya di awal minggu, kemudian memasuki hari ke 4 hanya sedikit pekerjaan yang bisa selesai, dan seorang lain yang selalu terlihat konsisten pekerjaannya, ya gitu2 aja, gak semangat2 banget tapi target hariannya gak pernah luput. Sebagai bos, mana tipe pekerja yang lebih kalian sukai bekerja di perusahaan kalian?

Mungkin kalian akan memilih tipe pekerja pertama dengan resiko pada tengah minggu pekerjaan dia akan amburadul, atau memilih tipe pekerja kedua yang penting setiap hari progressnya stabil.

BACA JUGA:   Jer Basuki Mawa Bedjo

Dalam ilmu psikologi yang kerap jadi dasar keputusan perusahaan untuk menerima seorang calon pegawai adalah konsistensinya menyelesaikan pekerjaan, bukan on fire di depan tapi frozen di belakang. Ini ilmu general, yang tidak hanya dapat diaplikasikan dalam menentukan calon karyawan baru, tetapi hampir pada semua bidang, termasuk dalam dunia SEO.

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya blog engine sudah dipersenjatai dengan kemampuan scheduled post. Jika kalian mengalami hambatan keterbatasan waktu untuk update postingan, sebaiknya fitur ini dipergunakan untuk membuat blog kalian lebih teratur updatenya.

Beberapa hari ini aku sudah melakukan scheduled post bahkan untuk artikel ini, yang aku tulis di penghujung januari dan jadwalkan tampil di awal februari, untuk menjaga ritme postingan seandainya awal februari aku bakal sering kesulitan mendapatkan waktu untuk mengupdate postingan.

Untuk cara mengoptimalkan scheduled posting akan aku update di artikel berikutnya. Mohon bersabar, namanya juga scheduled 🙂


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda