Memilih pakaian untuk bayi baru lahir


Memiliki buah hati merupakan dambaan dari setiap pasangan suami istri, karena dengan kehadiran buah hati, tentu sebuah keluarga menjadi terasa lengkap. Bagi pasangan muda, proses menyambut anak pertama merupakan sebuah hal yang cukup seru.

Pertama tentu dalam hal ini mempersiapkan mental sebagai calon orang tua bayi, mempersiapkan keperluan persalinan dan tidak ketinggalan perlengkapan bayi yang akan lahir, proses ini akan menyita cukup banyak waktu, karena perlengkapan bayi yang diperlukan cukup banyak. 

Dulu sewaktu mempersiapkan kelahiran anak pertama, aku dan istri membeli banyak barang untuk keperluan si kecil. Keperluan itu kami bagi menjadi beberapa kategori, misalnya pakaian, perlengkapan mandi, perlengkapan tambahan seperti tas bayi, botol minum dan lain-lain.

senyum ceria bayi

Bayi yang baru lahir pada umumnya memiliki panjang tubuh sekitar 45 cm, dan akan berkembang dengan pesat pada bulan-bulan pertama kelahirannya. Karena di awal kehidupannya otak bayi juga akan berkembang dengan pesat hingga berusia lima tahun. Untuk itu, aku dan istri memilih pakaian bayi nya yang harganya tidak mahal. Beli yang murah atau paketan, biasanya satu paket berisi 6 buah baju bayi.

BACA JUGA:   Hidup Sederhana

Untuk pakaian berikut beberapa perlengkapan bayi yang perlu disiapkan adalah;

  1. baju bayi – pilih baju bayi yang tipis dan berbahan lembut, karena kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif, tidak perlu memaksakan membeli baju yang harganya mahal, karena paling lama hanya akan bertahan selama 3 bulan pemakaian dan ukuran tubuh bayi sudah terlalu besar.
  2. popok kain – popok kain lebih disarankan dibanding harus menggunakan diapers sekali pakai, karena bahannya lebih lembut dan memudahkan sirkulasi udara di kulit bayi.
  3. kain gurita – kain gurita dipakai untuk mengikat perut bayi agar tulang dan bentuk badannya bisa tetap tegap, untuk pasangan muda yang belum berpengalaman sebaiknya tidak memilih kain gurita untuk menjaga bentuk badan bayi. Karena lumayan susah memakaikannya,  sementara dede bayinya bergerak terus, lebih baik pilih model kain tempel yang lebih mudah digunakan
  4. kain bedong – kain ini dipakai untuk membungkus badan bayi yang baru  lahir, agar suhu badannya terjaga dari udara dingin. Mengingat bayi yang baru lahir baru beradaptasi dengan udara, maka kain bedong ini membantu si kecil merasa hangat seperti sewaktu berada di dalam perut ibu.
  5. Selimut dan gendongan – selimut bayi umumnya lebih tebal dan bisa dipakai untuk mencegah si kecil terpapar angin sewaktu berada di luaran. Untuk sementara untuk gendongan orang tua bisa memilih yang nyaman dan bisa dipakai untuk jangka waktu lama. Minimal sampai si kecil berumur satu tahun.
  6. Kain perlak – kain perlak digunakan untuk menjaga tempat tidur agar tidak basah / kotor dari kotoran bayi, kain ini juga dapat dipakai sebagai alas saat menyeka si kecil.
  7. Handuk – untuk handuk bayi pilihlah yang berbahan lembut dan mudah menyerap air.
BACA JUGA:   Mau Sukses Berbisnis? Lakukan Tips Bisnis Sukses Berikut Ini

 

 


DMCA.com Protection Status

baju 1 paket bayi istri suami (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Memilih pakaian untuk bayi baru lahir

Berikan tanggapan anda